Mukomuko (Antara) - Harga cabai merah di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu kembali mengalami kenaikan dari Rp72.000 per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp80.000 per kilogram.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Minggu, hampir sebagian besar  pedagang sayuran di pasar itu menjual cabai merah kampung seharga Rp80.000 per kilogram.

Salah satu pedagang sayuran Buyung mengatakan cabai sekarang naik lagi sekarang menjadi Rp80.000 per kilogram. Namun Buyung enggan menjelaskan alasan kenaikan harga cabai merah yang dijualnya itu.

Buyung mengatakan, tidak hanya dirinya tetapi seluruh pedagang di pasar itu menjual cabai merah seharga tersebut. Bahkan yang bukan cabai merah kampung juga dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram.

Begitu juga dengan pedagang lainnya Siti menjual cabai merah dengan harga tersebut. Namun tumpukan cabai merah yang dicampur warga hijau dijual olehnya seharga Rp75.000 per kilogram.

"Kalau yang ini harganya bisa Rp75.000 per kilogram," ujarnya sambil menunjuk tumpukan cabai merah bercampur dengan cabai berwarna hijau.

Warga Desa Ujung Padang Wani mengeluhkan tingginya kenaikan harga cabai merah tersebut. Padahal sebelumnya harga cabai di pasar tersebut telah turun.

"Kami terkejut saat membeli cabai merah ternyata harganya naik lagi. Padahal pekan lalu harganya paling tinggi Rp76.000 per kilogram. Kami pikir pekan ini turun," ujarnya lagi.

Karena harga cabai merah naik, kata dia, sehingga dirinya terpaksa mengurangi mengkonsumsi cabai merah untuk memasak keluarganya.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014