Mukomuko (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memangkas usulan anggaran di bidang pendidikan untuk pembangunan gedung aula pertemuan di sekolah sekolah di daerah itu.

"Anggaran di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat yang kami rasionalisasi sebesar Rp2 miliar. Anggaran itu untuk bangun gedung aula pertemuan di sekolah," kata Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko, Wisnu Hadi di Mukomuko, Selasa.

Ia menyebutkan, sebesar Rp49 miliar anggaran dalam APBD tahun 2015 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Setelah dikurangi sebesar Rp2 miliar sehingga anggaran di dinas itu tinggal sebesar Rp47 miliar lagi. Anggaran sebesar itu mayoritas untuk belanja rutin dan gaji pegawai.

Ia mengatakan, rasionalisasi anggaran pembangunan fisik gedung aula pertemuan di sejumlah sekolah di daerah itu karena belum begitu prioritas.

Menurut dia, yang justru menjadi prioritas dinas itu saat ini adalah penambahan jumlah ruang kelas baru (RKB) di sekolah sekolah yang ada di daerah itu.

Karena, lanjutnya, sampai sekarang masih banyak sekolah sekolah di daerah itu yang kekurangan RKB. Sehingga siswanya belajar di lantai dan diatur masuk sekolahnya pada siang dan sore hari.

Ia mengatakan, lembaga itu telah menyetujui anggaran pembangunan RKB tersebut. Namun dia tidak hapal jumlah RKB yang dibangun tahun 2015.

Ia menerangkan, cuma anggaran fisik pembangunan aula pertemuan yang dikurangi. Selebihnya tetap karena anggaran di dinas itu banyak untuk rutin.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014