Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiagakan tujuh puskesmas yang berada di jalur mudik Lebaran di wilayah itu.

"Puskesmas perawatan yang berada di jalur lintas mudik Lebaran harus buka 24 jam, bagi puskesmas yang tidak memiliki ruang perawatan dilakukan sistem piket," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Rephi Meido Satria di Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan penyiagaan puskesmas di jalur mudik tersebut untuk memberikan pelayanan kalangan pemudik yang lewat di wilayah itu dan pelayanan kepada masyarakat selama libur Lebaran.

Penyiagaan puskesmas di jalur mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini, kata dia, mulai dari jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan jalur mudik di Jalan Lintas Curup-Muara Aman Kabupaten Lebong.

Adapun puskesmas yang disiagakan ini di antaranya dua unit di Jalan Lintas Curup-Muara Aman, Kabupaten Lebong, yakni Puskesmas Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara dan Puskesmas Bangun Jaya, Kecamatan Bermani Ulu.

Sedangkan untuk di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau yakni Puskesmas Padang Ulak Tanding, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kepala Curup, Kecamatan Binduriang.

Selanjutnya Puskesmas Beringin Tiga, Kecamatan Sindang Kelingi, Puskesmas Sambirejo, Kecamatan Selupu Rejang, serta Puskemas Curup yang berada di dalam Kota Curup.

Dari tujuh puskesmas ini menurut dia, terdapat empat puskesmas yang telah memiliki ruang perawatan yakni Puskesmas Bangun Jaya, Puskesmas Padang Ulak Tanding, Puskesmas Kepala Curup dan Puskesmas Sambirejo.

"Untuk puskesmas di jalur mudik yang belum memiliki ruang perawatan adalah Puskesmas Curup, Puskesmas Tunas Harapan dan Puskesmas Beringin tiga, di mana puskesmas ini tetap buka selama libur lebaran dengan sistem piket," terangnya.

Dia menambahkan dari 21 puskesmas di Kabupaten Rejang Lebong tersebar dalam 15 kecamatan saat ini yang sudah memiliki ruang perawatan sebanyak 15 puskesmas, dan enam puskesmas lainnya belum memiliki ruang perawatan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023