Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu menyiapkan daging kerbau beku sebanyak 1,5 ton untuk penuhi kebutuhan masyarakat menjelang pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Untuk pembelian daging beku ini kita lakukan pembatasan, satu orang maksimal 2 kg dan jika jumlah pembelinya banyak akan kita kurangi satu orang hanya 1 kg," kata Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Guslindawati di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan stok daging kerbau beku sebanyak 1,5 ton tersebut terdiri dari 1 ton hasil kiriman dari Bulog DKI Jakarta dan 500 kg lainnya merupakan sisa stok sebelumnya.

Daging beku itu sendiri dijual seharga Rp80.000 per kg, dan diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah itu untuk Lebaran Idul Fitri nanti.

Sementara itu bahan kebutuhan pokok lainnya yang dimiliki Bulog cabang Rejang Lebong, tambah dia, diantaranya beras dengan jumlah stok sebanyak 230 ton dan akan mendapat tambahan sebanyak 200 ton dari Lampung serta 700 ton dari DKI Jakarta.

Stok beras yang ada di Gudang Bulog cabang Rejang Lebong itu sendiri terdiri dari beras kualitas medium untuk program public service obligation (PSO) atau cadangan beras pemerintah, ditambah beras kualitas premium untuk pasar komersial sebanyak 20 ton.

Menurut dia, stok beras yang mereka miliki itu diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat dalam tiga kabupaten hingga beberapa bulan ke depan baik untuk pelayanan publik pada kegiatan operasi pasar dan stabilitas harga pasar mencegah terjadinya kenaikan harga beras.

Sedangkan bahan lainnya tepung terigu 4 ton, gula pasir sebanyak 7 ton. Minyak goreng kemasan sebanyak 2.000 liter dan stok tambahan yang dalam perjalanan ke daerah itu sebanyak 40.008 liter.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023