London (Antara/Reuters) - Pelatih Arsenal Arsene Wenger berkata pada Selasa bahwa pemain legendaris Thierry Henry "pasti" akan kembali ke klub itu dalam kapasitas tertentu di masa yang akan datang.

Henry, pencetak gol terbanyak untuk Arsenal sepanjang masa, mengumumkan pada Senin bahwa ia akan meninggalkan klub AS New York Red Bulls setelah berkarir selama empat setengah tahun di AS.

Pria 37 tahun itu belakangan berkata kepada surat kabar olahraga Prancis L'Equipe bahwa ia ingin "membantu" Arsenal memenangi Liga Champions, dan Wenger percaya bahwa hanya masalah waktu sebelum ia kembali ke Stadion Emirates.

"Ia merupakan sosok Arsenal. Tentu saja momen terbaik sepanjang hidup dan karirnya adalah apa yang dialami di sini," kata Wenger pada konferensi pers menjelang pertandingan Liga Utama Inggris antara timnya menjamu Southampton pada Rabu.

"Niscaya suatu hari ia akan kembali ke sini. Dalam peran apa, saya tidak tahu. Itulah yang harus ia pikirkan: arah apa yang ingin ia berikan kepada kami untuk hidupnya di kemudian hari."

Wenger menambahi bahwa Henry memiliki atribut-atribut yang diperlukan untuk sukses sebagai seorang pelatih, dengan berkata, "Thierry memiliki semua kualitas karena ia cerdas, berkomitmen, ia mencintai permainan ini."

"Ia hanya harus berpikir, 'Apakah saya ingin mengorbankan seluruh sisa hidup saya untuk terlibat dalam pekerjaan itu?'"

Henry, juara dunia dan Eropa bersama Prancis, menghabiskan delapan tahun di Arsenal, memenangi dua gelar Liga Utama Inggris dan tiga Piala FA, sebelum pindah ke Barcelona pada 2007.

Ia memenangi tujuh trofi di Barcelona, termasuk Liga Champions 2009, dan hengkang ke New York setahun kemudian, serta sempat kembali ke Arsenal dalam rentang waktu singkat sebagai pemain pinjaman pada Januari 2012.

Berbicara setelah Red Bulls kalah agregat 3-4 dari New England Revolution di playoff Kejuaraan Wilayah Timur, Henry mengatakan dirinya akan "menghabiskan beberapa pekan mendatang untuk berefleksi" mengenai masa depannya.

Meski Arsenal dikait-kaitkan dengan langkah merekrut kembali Henry sebagai pemain, Wenger menepis kemungkinan itu.

Ketika ditanyai apakah Henry masih dapat memberi kontribusi di lapangan, ia membalas, "Ya, namun pada usia 37 (tahun) saat ini di Liga Utama Inggris... Saya tidak berpikir ia mau kembali melakukannya."

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014