Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun ini akan kembali mengadakan program umrah gratis untuk 50 warga di daerah itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan, program umrah gratis tersebut merupakan salah satu program yang masuk ke dalam visi-misi bupati dan wakil bupati setempat pada kampanye Pilkada serentak 2020 lalu.

"Pada tahun 2023 ini program umrah gratis kembali diadakan, karena ini salah satu bagian dari visi dan misi Bupati serta Wakil Bupati Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan kuota program umrah gratis yang disiapkan Pemkab Rejang Lebong masih sama seperti kuota pada tahun 2022, yakni sebanyak 50 orang.

Kalangan warga yang akan mengikuti program ini, kata dia, harus melalui seleksi sesuai dengan Peraturan Bupati Rejang Lebong dan petunjuk teknis yang telah disiapkan.

Seleksi ini dimulai dari usulan yang diajukan pihak kecamatan siapa saja perangkat agama, tokoh masyarakat atau pejabat berprestasi untuk dilakukan verifikasi, dan selanjutnya usulan itu disampaikan kepada Bagian Kesra Pemkab Rejang Lebong untuk dilakukan rangkaian tes dan seleksi.

Adapun tahapan seleksi yang dilakukan tes tertulis, wawancara dan uji kompetensi. Kalangan masyarakat yang memiliki prestasi di bidang keagamaan, berkecimpung di perangkat agama, tokoh masyarakat desa/kelurahan agar bisa berkoordinasi dengan pihak kecamatan masing-masing.

Sedangkan untuk anggaran pelaksanaan program umrah gratis ini akan dimasukkan dalam APBD Perubahan pada Agustus mendatang dengan kisaran anggaran yang dibutuhkan Rp1,8 miliar.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023