Prajurit TNI dari Kodim 0428/Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bersama berbagai komponen di daerah ini menanam sebanyak 1.000 bibit mangrove sepanjang Muara Desa Pasar Sebelah yang kritis akibat abrasi.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Senin, mengatakan, penanaman mangrove ini bagian dari puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia oleh Presiden RI.

Kegiatan penanaman seribuan bibit mangrove ini melibatkan komponen di daerah ini, yakni Pemerintah Kabupaten Mukomuko, kepolisian resor setempat, Polisi Militer, Pos TNI AL, Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian dari Dinas Pertanian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi lingkungan yang tersebar di daerah ini, dan pramuka.

Abdiyanto mengatakan, penanaman seribuan bibit mangrove ini di dua lokasi muara Desa Pasar Sebelah, Kecamatan Kota Mukomuko yang kritis akibat abrasi.

Ia menambahkan, penanaman seribuan bibit mangrove di muara wilayah ini dilaksanakan secara bertahap sejak beberapa hari yang lalu sampai sekarang.

"Sebelumnya penanaman sebanyak 850 bibit mangrove sepanjang muara di wilayah ini, hari ini puncak kegiatan penanaman sebanyak 150 bibit mangrove," ujarnya pula.

Usai penanaman bibit mangrove di sepanjang muara wilayah ini, prajurit TNI dari Kodim 0428/Mukomuko mengikuti video conference puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia oleh Presiden RI.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan penanaman mangrove di muara wilayah ini, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto, Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto, Perwira Teritorial Kodim 0428/Mukomuko Kapten Infantri Desmayantos.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko M Rizon, Pelaksana Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Budi Yanto, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman, Camat Kota Mukomuko, Ketua PWI Budi Hartono.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023