Pertamina Patra Niaga melatih kemampuan keselamatan petugas operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Jambi untuk menjaga dan mengantisipasi terjadinya kondisi darurat di lingkungan SPBU.

Sales Area Manager Retail Jambi Bima Kusuma Aji di Jambi, Kamis, mengatakan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memberikan pelatihan Health, Safety, Security and Environment (HSSE) atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi operator SPBU di wilayah Jambi yang diikuti 55 peserta di antaranya manajer, pengawas dan operator SPBU di wilayah Jambi.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan untuk mengantisipasi atau bahkan menciptakan keamanan di sekitar lingkungan SPBU.

Pelatihan itu diharapkan dapat mengingatkan operator dan mengingatkan konsumen agar meningkatkan kewaspadaan saat berada di area SPBU.

Pelatihan yang dilaksanakan berkala setiap tahun ini, peserta diberikan materi tentang Rencana Tanggap Darurat SPBU, Indentifikasi Bahaya dan Resiko Operational SPBU, HSSE Golden Rules, Keselamatan Operasi Penerimaan, Penimbunan dan Penyaluran BBM di SPBU, serta Pemeliharaan Sarfas SPBU.

Peserta juga mempraktikkan pengetahuan yang didapat dalam penanggulangan kebakaran hingga penggunaan alat pemadam api ringan.

Region Manager HSSE Sumbagsel Ausil Maksudina mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu program 12 Inisiative di lembaga penyalur SPBU, untuk wilayah Jambi pelatihan ini diadakan untuk SPBU yang jauh, terdapat insiden sebelumnya dan SPBU yg belum mendapatkan pelatihan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan juga mengungkapkan dengan peningkatan kemampuan tersebut maka pengawasan aspek HSSE di SPBU menjadi lebih ketat, prosedur operasional juga dilakukan dengan baik, sehingga dapat meminimalisir insiden di area SPBU.

Pertamina juga mengimbau kepada konsumen untuk menaati protokol standar keamanan saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023