Sebanyak 289 kepala daerah masing-masing 29 gubernur/wakil gubernur dan 260 bupati/wali kota se-Indonesia menghadiri pembukaan Pekan Nasional (Penas) Tani Nelayan XVI di Padang, Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023
 
"Semua sudah berada di Padang dan bergerak menuju Lapangan Udara Sutan Sjahrir yang menjadi lokasi pembukaan," kata Ketua Panitia Daerah Penas Tani Nelayan XVI, Hansastri di Padang, Sabtu.
 
Selain kepala daerah, kata dia, para petani dan nelayan yang hadir terkonfirmasi sekitar 25 ribu orang dari berbagai provinsi di Indonesia termasuk para petani dan nelayan dari Sumbar.
 
“Itu masih di luar jumlah pendamping dan ofisial yang diperkirakan sekitar lima ribu orang," katanya..
 
Ia mengatakan persiapan pelaksanaan juga sudah maksimal hingga 100 persen, mulai dari panggung utama, stand-stand pameran produk pertanian, hingga gelar teknologi.
 
Hansastri mengatakan keseriusan Sumbar untuk menyukseskan Penas Tani Nelayan itu menjadi bukti Sumbar siap untuk menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan tingkat nasional maupun internasional.
 
"Kita memang berharap semakin banyak kegiatan nasional dan internasional yang digelar di Sumbar. Kita siap dari semua hal termasuk ketersediaan hotel dan penginapan," katanya.
 
Penas Tani Nelayan 2023 berlangsung selama lima hari 10 sampai 15 Juni 2023. Petani dan nelayan dari Sumbar diharapkan bisa memaksimalkan momentum itu untuk meningkatkan wawasan dan jaringan guna mengembangkan usaha.
 
Termasuk di dalamnya untuk para petani milenial yang akan menjadi ujung tombak keberhasilan sektor pertanian masa depan.
 
"Gelar teknologi yang dilaksanakan pada Penas Tani dan Nelayan itu bisa menjadi inspirasi bagi petani milenial untuk mengembangkan potensi diri," demikian Hansastri.

Pewarta: Miko Elfisha

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023