Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bengkulu Amrullah Boerman mengatakan bahwa Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6). 
 
"Penetapan Idul Adha sesuai dari arahan pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan hari raya Idul Adha tahun 1444 Hijriah pada 28 Juni," ujar dia di Kota Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan bahwa penetapan Idul Adha tersebut berdasarkan maklumat pengurus pusat Muhammadiyah setelah hisab Majelis Tarjih dan dan Tajdid PP Muhammadiyah nomor:1/MLM/1.0/E/2023. 
 
"Terkait lebaran Idul Adha, kita sesuai keputusan PP Muhammadiyah bahwa kita pada 28 Juni 2023. Warga Muhammadiyah akan merayakan hari raya kurban," sebut dia. 
 
Sementara itu, untuk Nahdatul Ulama (NU) masih masih menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI. 
 
Untuk pelaksanaan Sidang Rukyatul Hilal penetapan 1 Zulhijah 1444 Hijriah, akan digelar di Mes Pemda Kota Bengkulu.
 
"Sore ini digelar sidang Rukyatul Hilal penetapan 1 Zulhijah, di tempat biasanya ya, di Mess Pemda, " kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Muhammad Abdu.
 
Sebelumnya, pada tahun ini terdapat perbedaan dalam menentukan 1 Hijriah. Muhammadiyah berdasarkan hasil perhitungan hisab akan merayakan Idul Fitri pada Jumat 21 April 2023.
 
"Pertemuan bulan dan matahari terjadi pada Kamis 20 April pada jam 11 siang. Kemudian Kamis sore, posisi bulan di atas ufuk, 1 derajat 45 dan posisi bulan saat matahari tenggelam bulan sudah masuk di ufuk 2 derajat, dan dapat ditetapkan bahwa Jumat 1 Syawal," jelas Ketua PW Muhammadiyah Bengkulu Syaifullah. 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023