Festival Danau Nibung di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, diharapkan bisa meningkatkan serta memperkenalkan potensi pariwisata daerah tersebut yang pada akhirnya meningkatkan kunjungan wisatawan.

Festival Danau Nibung itu dilaksanakan mulai tanggal 22 - 23 Juli 2023 dengan tema "Bangkitkan Wisata Kreatif, Menuju Mukomuko Maju".
 
Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko M Rizon di Mukomuko, Sabtu, mengatakan, Festival Danau Nibung ini masuk kalender kegiatan festival wisata di daerah ini.
 
"Ke depan kegiatan ini akan terus berjalan didukung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Ia mengatakan, tujuan diadakan festival ini untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Mukomuko, atau sesuai dengan tema festival ini, yakni "Bangkitkan Wisata Kreatif, Menuju Mukomuko Maju".
 
Selain itu, katanya, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Provinsi Bengkulu khususnya Mukomuko agar berkembang.
 
"Danau Nibung ini merupakan wisata potensial karena lokasi dekat dan akses jalan sudah bagus," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mengajak, masyarakat di daerah ini untuk bersama-sama mempromosikan Danau Nibung sebagai objek wisata andalan di daerah ini.
 
Bupati Mukomuko Sapuan menyebutkan lokasi pembukaan Festival Danau Nibung ini berada di bagian belakang Danau Nibung di daerahnya.
 
Selanjutnya, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menjadikan Festival Danau Nibung ini sebagai kegiatan provinsi.
 
"Mudah-mudahan dengan kolaborasi dengan provinsi terjalin hubungan yang bagus sehingga potensi yang ada dapat kita angkat sehingga potensi bisa menjadikan bangkitkan wisata kreatif menuju Mukomuko maju," ujarnya.
 
Ia yakin, ekonomi kreatif lebih tumbuh, dunia pariwisata berkembang dengan adanya Festival Danau Nibung serta bertambah minat masyarakat untuk datang.
 
Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) yang menjaga kelestariannya dan BWS juga membangun tembok agar danau terpelihara dengan baik.
 
Sementara itu hadir dalam Festival Danau Nibung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Darmawanto, Bupati Mukomuko Sapuan, Wabup Wasri, Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini, Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023