Berlin (Antara/Reuters) - Pemain Borussia Moenchengladbach Raffael mencetak dua gol untuk mengamankan kemenangan mengejutkan 2-0 di markas tim pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich, yang menelan kekalahan kandang pertamanya di liga nyaris dalam rentang waktu setahun.    

Pemain Brazil itu menaklukkan kiper Manuel Neuer melalui sepakan setengah voli dan menambahi gol kedua pada menit ke-77 melalui serangan balik, ketika tim Bavaria itu lengah saat berupaya menyamakan kedudukan, saat Gladbach masih berada di jalur untuk mengamankan satu tiket Liga Champions.

Kemenangan ini membuat Gladbach menggenggam erat peringkat ketiga dengan 47 angka serta membuat Bayern, yang sekarang telah dua kali kalah di liga musim ini, unggul sepuluh angka di puncak klasemen setelah tim perigkat kedua VfL Wolfsburg bermain imbang 1-1 di markas Mainz 05.

Setelah enam kemenangan beruntun di liga, ini merupakan kekalahan pertama bagi Bayern di Munich sejak April 2014 dan menunda torehan kemenangan ke-50 bagi pelatih Pep Guardiola di Liga Jerman.   

"Kami perlu menganalisa permainan dan bertekad kembali ke jalur kemenangan setelah jeda internasional," kata Guardiola, yang masih menggenggam rasio kemenangan tertinggi setelah 60 pertandingan liga di Bayern, kepada para pewarta.

Dengan lebih dari 80 persen penguasaan bola pada 20 menit pembuka, sudah jelas sejak awal bahwa Bayern menginginkan gol sejak awal melalui peluang-peluang yang dimiliki Arjen Robben dan Robert Lewandowski.

Namun kembali bermainnya penyerang Belanda Robben dari cedera tidak dapat berlangsung lama, ketika ia harus meninggalkan lapangan pada menit ke-24 dan tim tamu kemudian mencetak gol melalui tendangan ke gawang pertamanya.

Neuer gagal untuk menguasai bola tembakan Raffael, di mana bola bergulir melewati tangannya dan melewati garis gawang.

Gladbach, yang menekan tinggi dan dan mengganggu ritme tuan rumah sejak awal pertandingan, tampil lebih baik pada kedua dan Neuer harus melakukan penyelamatan untuk menggagalkan peluang penyerang Andre Hahn pada menit ke-70.

Martin Stranzla dan Alvaro Dominguez begitu efektif untuk menahan gempuran tim Bavaria, membuat frustrasi Lewandowski dan Thomas Mueller, yang menggantikan Robben.

"Kami bahkan ingin bertahan lebih tinggi," kata Stranzl. "Namun kami tetap tenang dan menantikan peluang-peluang kami. Pada awalnya Robben menyebabkan banyak masalah, namun setelahnya menjadi lebih nyaman untuk kami."

Neuer kembali ditaklukkan ketika Raffael mendapat operan dari Christoph Kramer setelah melaju, dan ia memastikan kemenangan mengejutkan timnya atas sang juara bertahan.  

Pemain Wolfsburg Luis Gustavo mencetak gol pada menit ke-60 untuk mengamankan hasil imbang di markas Mainz, di mana tim tamu terlihat kelelahan setelah pada tengah pekan meraih kesuksesan di Liga Europa di markas Inter Milan.

Upaya pertama gelandang Brazil itu membentur tiang gawang dan kemudian ia menyamakan kedudukan untuk Wolfsburg setelah sundulan Niko Bungert membawa tuan rumah unggul pada menit ketujuh.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015