Bengkulu (Antara) - Pengurus Daerah Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Bengkulu menyebutkan empat sungai di daerah itu berpotensi menjadi lokasi arung jeram.

"Ada empat sungai besar yang bisa dijadikan lokasi arung jeram dan menjadi tempat pembinaan atlet jeram Bengkulu," kata Sekretaris Umum Pengurus Daerah (Pengda) FAJI Bengkulu Ary Saputra Wijaya di Bengkulu, Selasa.

Ary mengatakan empat sungai tersebut yakni Sungai Air Kinal dan Sungai Air Luas di Kabupaten Kaur, Sungai Air Manna di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Sungai Air Hulu Ketahun yang mencakup dua kabupaten yakni Lebong dan Bengkulu Utara.

Tingkat kesulitan menaklukkan arus sungai atau grade keempat sungai tersebut menurut dia masuk kategori grade tiga atau dengan kata lain dapat juga dijadikan destinasi wisata air.

Kepengurusan Pengda FAJI yang dibentuk pada awal 2015 kata dia sudah menginventarisasi sungai yang berpotensi menjadi lokasi jeram dan mulai menjaring calon atlet arung jeram di daerah itu.

"Kami mulai proses pembinaan atlet yang saat ini berfokus pada mahasiswa pecinta alam," ucapnya.

Olahraga di alam terbuka kata dia pada umumnya dilakukan oleh para pecinta alam melalui organisasi di tingkat fakultas dan universitas.

Tidak hanya olahraga arus deras atau arung jeram, FAJI juga membina atlet kano di daerah ini.

Selain pembinaan atlet, Ary menambahkan bahwa kegiatan konservasi sungai juga menjadi perhatian mereka.

"Konservasi daerah aliran sungai juga menjadi perhatian kami karena keberlanjutan lokasi jeram ini tidak terlepas dari kelestarian sungainya," katanya.***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015