Perum Bulog Cabang Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu, memasok kebutuhan beras untuk pedagang di masing-masing kabupaten guna menekan kenaikan harga.

Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong Guslindawati di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan saat ini stok beras medium di gudang Bulog  sebanyak 902 ton, terdiri dari beras untuk pelayanan publik atau PSO sebanyak 883 ton, dan beras komersial sebanyak 19 ton. Stok ini diperkirakan mencukupi tiga daerah hingga akhir tahun nanti.

"Beras Bulog kualitas medium ini juga kita pasok untuk kebutuhan pedagang, masing-masing kita berikan stok 2 ton per minggu. Ada sekitar 20-an pedagang beras yang kita pasok," kata dia.

Dia menjelaskan pedagang beras yang mendapat pasokan beras Bulog tersebut diantaranya di kawasan Pasar Atas Curup, Pasar De Curup, Pasar Padang Ulak Tanding (PUT) dan beberapa pasar lainnya di wilayah Kabupaten Kepahiang maupun Lebong, serta mitra Bulog lainnya yakni Rumah Pangan Kita (RPK).

Pendistribusian beras kepada pedagang pengecer ini, kata dia, merupakan bagian dari program Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang dulunya adalah operasi pasar guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kalau untuk turun langsung belum, operasi pasarnya melalui pedagang-pedagang pengecer. Pengisian stok kepada pedagang pasar ini termasuk operasi pasar," terangnya.

Menurut dia, saat ini harga beras Bulog kualitas medium yang dijual kepada pedagang mengalami kenaikan terhitung 1 September 2023 menjadi Rp11.500 per kg dari sebelumnya Rp9.950 per kg. Sedangkan untuk beras komersial mengikuti harga pasaran yang berlaku di masing-masing daerah.

Sementara itu stok beras yang dimiliki Bulog Cabang Rejang Lebong hingga 5 September 2023 sebanyak 883 ton untuk beras PSO dan akan mendapatkan tambahan sebanyak 1.080 ton. Kemudian beras komersial 19 ton, gula pasir sebanyak 25 ton.

Sedangkan untuk daging kerbau beku serta minyak goreng kemasan stoknya masih kosong dan masih menunggu pengiriman stok dari Bulog pusat.

Kasmiyati (60) warga asal Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Curup yang datang ke Kantor Bulog Cabang Rejang Lebong untuk membeli beras Bulog menyatakan harga beras berbagai jenis di pasaran mengalami kenaikan, beruntung saat ini masih ada beras Bulog yang dijual dengan harga terjangkau sehingga masih bisa mereka beli.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023