Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda dan Olahraga 2023 sehari menjelang Hari Olahraga Nasional (Haornas), di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Jumat.

Menpora dalam acara pembukaan mengatakan Rakornas perdana tersebut menjadi ajang untuk menguatkan pembangunan nasional.

“Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan ini merupakan rakor pertama yang menggabungkan dua bidang dalam serangkaian agenda peringatan Hari Olahraga Nasional ke-40 sebagai bagian komitmen dari Kemenpora untuk mensinergikan kepemudaan dan keolahragaan menjadi satu kesatuan yang saling mendukung untuk menguatkan pembangunan nasional,” kata Menpora Dito.

Lebih lanjut, ia berharap Rakornas dengan tema “tema dari Rakornas ini adalah Pemuda Tangguh, Olahraga Maju, Indonesia Maju” itu bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan gagasan yang nantinya bisa bermanfaat untuk pembangunan pelayanan kepemudaan, serta peningkatan kualitas ekosistem keolahragaan pada setiap level.

Selain itu, tujuan dari pelaksanaan Rakornas yakni untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan, koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan Kemenpora dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan pemuda dan olahraga lainnya.

“Saya minta kepada kita semua untuk jadilah aparatur negara yang tidak anti terhadap ide-ide perubahan yang digalang oleh para pemuda-pemudi kita. Maka dari itu, mari manfaatkan agenda Rakornas ini untuk sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya,” kata Menpora.

Sependapat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy berharap agar Rakornas ini bisa menghasilkan rancangan atau konsep untuk meningkatkan pelayanan kepemudaan serta peningkatan prestasi olahraga.

“Kita berharap agar nantinya program-program yang ada ini bisa disinergikan sampai ke tingkat daerah. Jadi perlu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengurusi sektor kepemudaan dan keolahragaan,” kata Menko Muhadjir dalam pembukaan acara tersebut.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023