Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menerima penghargaan dan sertifikat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI sebagai Kepala Daerah yang mendukung program penguatan fungsi penyuluh agama.
 
Kemudian pembentukan kampung moderasi beragama usai Pemerintah Kota Bengkulu meresmikan kampung religi Kelurahan Sumur Meleleh.
 
"Di Provinsi Bengkulu ada dua daerah yang mendapat penghargaan nasional dari Menteri Agama. Penghargaan ini diberikan seiring dengan kampung moderasi beragama," kata Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bengkulu Rolly Gunawan di Kota Bengkulu, Senin.

Baca juga: Dinkes Bengkulu ingatkan hati-hati Virus Nipah
 
Ia menyebutkan dengan adanya penghargaan menunjukkan Kota Bengkulu sangat kondusif dan kerukunan umat beragam nya terjalin dengan baik serta menjadi sebuah simbol kerukunan umat beragama, sehingga masyarakat-masyarakat yang ada di Kota Bengkulu dapat bersikap moderat.
 
"Mudah-mudahan ke depan jajaran Kementerian Agama, Pemerintah Kota Bengkulu dan seluruh masyarakat dapat terus menjaga kerukunan umat beragama, sehingga kita selalu rukun dan harmonis," ujar dia.
 
Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mencanangkan Kelurahan Sumur Meleleh, Kecamatan Teluk Segara menjadi "kampung religi" yang pertama di Provinsi Bengkulu.

Baca juga: Polresta: Penerbitan SKCK jelang tes CPNS di Bengkulu capai 341 orang
 
Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi di Bengkulu menerangkan kampung religi tersebut nantinya akan menjadi cerminan dari tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan yang berlandaskan nilai nilai agama dan sosial serta budaya masyarakat setempat.
 
Kampung Religi Multikultural Sumur Meleleh akan dijadikan percontohan dan akan diresmikan pada Juli mendatang.
 
Dengan adanya kampung religi di Kota Bengkulu, dapat menjadi wahana yang merekatkan tali silaturahmi sekaligus upaya mensinergikan program-program agama yang melibatkan seluruh agama di Kota Bengkulu.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023