Bengkulu (Antara-IPKB) - Puluhan bidan di Provinsi Bengkulu ikuti pelatihan tehnis komunikasi inter personal (KIP) dan konseling alat bantu pengambil keputusan (ABPK).

Kepala Sub Bidang Penyelenggara dan Evaluasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Arsyad menyampaikan, pelatihan tehnis bagi bidan dilaksanakan selama empat hari sejak 4-7/5-2015 di ruang Belajar Balabang BKKBN.

Terdapat peserta pelatihan KIP dan ABPK sebanyak 26 orang dari sejumlah daaerah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Kabupaten Rejanglebong, Kota Bengkulu, Kaur, Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang dan Mukomuko masing-masing terdapat tiga orang.

Dan kabupaten lain seperti Kabupaten Bengkulu Selatan, Seluma, Lebong, Bengkulu Tengah yang mengirim masing-masing sebanyak dua orang, rinci Arsyad.

Ia mengatakan, pelatihan bagi tenaga bidan itu agar meningkatnya keterampilan berkomunikasi interpersonal atau konseling bagi para provider di lapangan.

Selain itu dengan pelatihan ABPK juga diharapkan bidan nantinya dapat mengguna alat bantu keputusan yang berkaitan dengan pemilihan metode kontrasepsi, ujarnya baru ini.

Secara khusus, tambah Arsyad, pelatihan tersebut bertujuan membekali tenaga bidan berbagai kemampuan dan keterampilan. Sehingga peserta dapat memahami program Kependudukan dan KB, peserta dapat memiliki pengetahuan KIP dan ABPK sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas program KKBPK.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015