Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu, mendeklarasikan Pemilu Damai 2024 sebagai komitmen bersama menjaga keamanan dan situasi kondusif pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah ini.
 
Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Jumat, mengatakan komitmen bersama untuk menciptakan suasana aman dan kondusif selama tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang digelar serentak.
 
“Dengan adanya komitmen bersama ini diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Mukomuko terutama peserta pemilu dapat saling menghargai dan menghormati hak dan perbedaan masing-masing," ujarnya.
 
Komitmen bersama semua pihak terkait pemilu ditandai dengan penandatanganan oleh perwakilan partai politik atau peserta pemilu, penyelenggara pemilu, forkopimda, organisasi, forum masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Musyawarah Adat (BMA).
 
Ia menyatakan dalam komitmen ini, semua pihak terkait di daerah ini menolak bentuk kecurangan, memiliki komitmen menjaga keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politisasi suku, agama, dan ras (SARA).
 
Kemudian, lanjutnya, tidak melakukan penyebaran berita hoaks dan melakukan politik uang dalam bentuk dan alasan apa pun guna suksesnya Pemilu 2024
 
Ia menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang bersih, berintegritas, dan berkomitmen untuk menjalani pemilu dalam suasana penuh toleransi, menghormati perbedaan, dan pendapat.
 
Selain itu, ia mengajak semua pihak terkait di daerah ini untuk menolak bentuk kekerasan menjelang dan setelah pemilu.

"Kami mengajak semua pihak menjaga semangat bersaudara serta gotong royong dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat," ucapnya.
 
Ia menyampaikan kepada masyarakat di daerah untuk ikut bersama polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya masing-masing.
 
"Saya berharap setelah adanya komitmen bersama berbagai pihak dan kerja sama dengan masyarakat sehingga dapat menjaga keamanan, kenyamanan, dan kedamaian," demikian Nuswanto.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023