Harga jual berbagai jenis cabai ditingkat petani di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dalam sepekan belakangan mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari sebelumnya.

Menurut keterangan Umar (45) petani sayuran di Dusun V Desa Air Meles Bawah, Kecamatan Curup Timur di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan kendati harga jual cabai mengalami kenaikan namun mereka tidak bisa menikmatinya karena produksinya juga hanya sedikit akibat pengaruh musim kemarau panjang.

Umar yang mengolah lahan seluas 1/8 hektare itu mengaku tidak memiliki modal sehingga hanya menggunakan bibit cabai turunan tanpa menggunakan plastik mulsa, sehingga dirinya hanya bisa memetik 20 kg setiap kali pemetikan. Jumlah ini jauh turun dibandingkan dengan tanaman menggunakan plastik mulsa yang mencapai 100 kg setiap kali pemetikan.

Dijelaskannya, saat ini harga jual cabai merah keriting halus ditingkat petani mencapai Rp46.000 per kg, harga ini mengalami kenaikan dari sebelumnya sekitar Rp25.000 per kg.

Sedangkan untuk cabai rawit hijau, kata dia, saat ini dibeli pengepul seharga Rp30.000 per kg atau mengalami kenaikan Rp7.000 dari sebelumnya Rp23.000 per kg. Kemudian untuk cabai rawit setan dibeli oleh pengepul hingga Rp50.000 per kg dari sebelumnya berkisar Rp30.000 per kg.

Selain terjadi kenaikan pada aneka jenis cabai, tambah dia, juga terjadi pada jenis sayuran kacang-kacangan dan sawi-sawian.

Sementara itu Cecep, pempinan UD Sultan Cabe di Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang menyebutkan dalam beberapa hari terakhir harga cabai merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Memang dua hari terakhir kemarin harga cabai ini sempat melonjak, namun mulai hari ini stabil bahkan cenderung turun," jelas dia.

Kenaikan harga cabai ini, kata Cecep, karena stok cabai di Kabupaten Rejang Lebong yang sedikit, tetapi kini sudah masuk cabai dari luar Rejang Lebong masuk seperti dari daerah Semendo Sumatera Selatan, Kerinci Jambi hingga dari Sumatera Utara masuk.

Menurut dia, harga cabai ditingkat pengepul hari itu untuk cabai merah keriting kualitas super mereka beli Rp50.000 per kg, dan kualitas sedang sekitar Rp45.000 per kg.

Selain cabai merah yang mengalami kenaikan, cabai rawit setan juga mengalami kenaikan yang signifikan yaitu untuk cabai rawit setan super dihargai Rp60.000 per kg dan cabai rawit setan ori dihargai Rp65.000 per kg. Sedangkan untuk cabai rawit biasa bertahan dihargai Rp37.000 hingga Rp38.000 per kg.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023