Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan sebanyak 89 unit alat utama sistem pertahanan (alutsista) berupa kendaraan taktis (rantis) untuk mengamankan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Papua, khususnya pada daerah yang rawan gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Jumat, mengatakan daerah yang rawan gangguan KKB meliputi wilayah Kabupaten Yahukimo, Pegunungan Bintang, Nduga dan Kabupaten Puncak.

"Untuk itu kami akan menggelar apel pasukan pada tempat yang rawan KKB dan sementara 24 daerah lain di Papua dalam kondisi aman," katanya.

Menurut Izak, personel di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih akan disiapkan untuk mengamankan penyelenggaraan pemilu pada empat provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah

Dia menjelaskan pihaknya siap untuk mengamankan Pemilu 2024 di 29 Kabupaten dan Kota di Papua yang meliputi 577 distrik dan 5.301 kampung.

"Untuk itu Kodam XII/Cenderawasih telah menggelar apel kesiapsiagaan di empat titik yakni Jayapura, Biak, Merauke dan Timika," katanya lagi.

Dalam pengamanan pemilu di Papua, kata Izak, pihaknya bersama Polda Papua bersama pemangku kepentingan di daerah itu melakukan safari pemilu ke setiap daerah.

"Tujuannya untuk melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu sekaligus menggelar deklarasi damai," ujarnya.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023