Kepala Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu, AKBP Nuswanto menyebutkan pengamanan selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di daerahnya melibatkan sebanyak 110 personel gabungan.

"Kita melibatkan sebanyak 110 personel gabungan dan beberapa personel akan ditempatkan pada satu pos pengamanan dan satu pos pelayanan," kata Kapolres Nuswanto di Mukomuko, Kamis.

Kapolres mengatakan hal itu usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 di Markas Kepolisian Resor Mukomuko.

Ia mengatakan personel pengamanan terdiri dari berbagai unsur, yakni TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senkom, dan unsur pendukung lainnya.

Dalam pengamanan Natal dan tahun baru, potensi gangguan seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan kepadatan penumpang di terminal atau loket agen jasa angkutan menjadi perhatian bersama.

"Upaya peningkatan keamanan juga melibatkan patroli di daerah rawan kejahatan konvensional dan objek vital ujarnya.

Kemudian, ancaman terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat mendapat perhatian khusus, dengan deteksi dini, preventive strike, dan penjagaan ketat pada pusat keramaian dan tempat ibadah yang berpotensi menjadi target.

Ia menambahkan kesiapsiagaan juga diarahkan pada potensi bencana alam, dengan persiapan tim tanggap bencana, rehabilitasi, sarana prasarana, dan edukasi kepada masyarakat, pengamanan ibadah Natal melibatkan sterilisasi lokasi dengan partisipasi personel dan elemen masyarakat.

Pada objek wisata, pengaturan jalur keluar masuk dan kesiapan tim tanggap bencana di objek wisata alam menjadi fokus. Strategi komunikasi publik diperkuat untuk memastikan informasi disampaikan dengan jelas dan akurat kepada masyarakat.

Kapolres mengatakan keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2023 adalah tanggung jawab bersama. Dalam menghadapi tugas tersebut semua unsur patut memperkuat sinergi dan soliditas, baik petugas maupun keterlibatan masyarakat agar wilayah Kabupaten Mukomuko tetap aman dan kondusif.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023