Badan Pengawas Pemilihan Umum(Bawaslu) Kota Bengkulu memperpanjang pendaftaran sebagai calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk 985 orang di wilayah tersebut hingga 8 Januari 2024.
 
"Perpanjangan pendaftaran dilakukan pada 7 hingga 8 Januari 2024 dan untuk pengumuman lulus administrasi akan dilakukan 10 Januari 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat di Bengkulu, Sabtu.

Baca juga: Bawaslu temukan dugaan pelanggaran perekrutan KPPS di Bengkulu
 
Dengan diperpanjangnya pendaftaran tersebut, masyarakat Kota Bengkulu dapat dapat mendaftarkan diri sebagai calon PTPS di Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) masing-masing daerah.
 
Sementara itu, berdasarkan informasi, sebanyak 877 masyarakat telah mendaftar ke Kelompok pengawas tempat pemungutan suara (TPPS) yang ada di Kota Bengkulu.
 
Ia menyebutkan, Bawaslu Kota Bengkulu membutuhkan 985 anggota PTPS yang akan ditempatkan di setiap TPS dengan masing-masing satu orang tersebar di sembilan kecamatan dan 67 kelurahan di kota Bengkulu.
 
"Berdasarkan data jumlah pendaftar pada Jum'at (5/1) sudah sebanyak 877 peserta yang telah mendaftar sebagai TPPS, sedangkan data di hari terakhir ini, masih menunggu laporan rekap dari setiap kecamatan serta pendaftaran dibuka hingga pukul 23.59 WIB," kata Rahmat.
 
Untuk persyaratan calon anggota PTPS yaitu usia minuman 21 tahun, warga negara Indonesia (WNI), calon pelamar wajib berdomisili di kecamatan yang dilamar.

Baca juga: Bawaslu Bengkulu lakukan kajian pelanggaran kampanye calon DPD RI
 
Syarat lainnya, minimal tamat sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan para calon Kartu PTPS tidak boleh tergabung dalam keanggotaan partai politik (Parpol) yang dibuktikan dengan surat pengunduran diri dari keanggotaan parpol minimal lima tahun sebelumnya.
 
"Untuk persyaratan teknisnya, silakan kunjungi media sosial Panwaslu Kecamatan sesuai domisili atau langsung ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan yang ada di Kota Bengkulu," terang dia.
 
Rahmat berharap agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam tahapan Pemilu 2024 dengan mendaftarkan diri sebagai anggota PTPS, sebagai upaya menjaga demokrasi di Indonesia berjalan jujur, adil dan damai.
 
Untuk masyarakat yang lolos seleksi, nantinya akan diberi bimbingan teknis (bimtek) dari Bawaslu Kota Bengkulu agar dapat memahami peran dan fungsinya selama mengawasi proses pemungutan hingga penghitungan suara pada Pemilu 14 Februari 2024.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024