Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan kelengkapan logistik Pemilu 2024 sebelum didistribusikan ke 816 tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan pihaknya sudah selesai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di wilayah itu untuk lima pemilihan sebanyak 1.064.855 lembar pada 3-8 Januari 2024 lalu.

"Kemarin kita sudah menerima pengiriman dua jenis logistik berupa formulir C-1 plano, dan yang lainnya formulir C ukuran A4, sedangkan untuk surat suara dan lainnya sudah tiba lebih dahulu," kata dia.

Dia menjelaskan, logistik yang baru masuk tersebut ialah formulir C hasil salinan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sebanyak 1.632 lembar, formulir C hasil salinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebanyak 2.448 lembar. Selanjutnya formulir C hasil salinan DPR Dapil Bengkulu sebanyak 5.712 lembar, dan formulir C salinan DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Bengkulu 4 sebanyak 5.712 lembar.

Seterusnya formulir C hasil salinan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil Rejang Lebong 1 sebanyak 1.491 lembar, formulir C hasil salinan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil Rejang Lebong 2 sebanyak 1.232 lembar.

Kemudian formulir C hasil salinan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil Rejang Lebong 3 sebanyak 1.365 lembar, serta Formulir C hasil salinan DPRD Kabupaten Rejang Lebong Dapil Rejang Lebong 4 sebanyak 1.624 lembar.

"Sedangkan untuk logistik yang belum sampai ialah sampul kubus untuk kotak suara. Sampul ini untuk di dalam kotak suara, infonya saat ini masih dalam perjalanan pengiriman," terangnya.

Menurut dia, nantinya jika semua logistik sudah lengkap akan dimasukkan dalam kotak suara, di mana untuk kotak suara DPR isinya berupa surat suara terus formulir C hasil kecil dan C hasil plano, sedangkan untuk kotak suara pemilihan presiden itu isinya surat suara, formulir C hasil dan ATK untuk yang di TPS seperti tinta, segel.

Selain masih menunggu kedatangan logistik pendukung lainnya pihaknya, kata dia, juga masih menunggu surat suara pengganti yang rusak maupun kurang kirim.

Berdasarkan hasil penyortiran dan pelipatan surat suara PPWP pada akhir Desember 2023 lalu, dan penyortiran serta pelipatan surat suara legislatif pada 3-8 Januari 2024 terdapat surat suara yang rusak sebanyak 720 lembar.

Adanya surat suara yang rusak dan kurang pengiriman ini sudah mereka laporkan ke KPU RI melalui sistem informasi logistik (Silog), sehingga bisa dilakukan pergantian dan penambahan.

Logistik Pemilu 2024 yang sudah tiba di wilayah itu saat ini disimpan KPU Gudang Logistik KPU Rejang Lebong yang berada di Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah dengan penjagaan petugas TNI/Polri selama 24 jam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024