Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan bahwa ketiga pasangan calon kontestan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (2024) memiliki tujuan yang sama, yakni berjuang untuk rakyat Indonesia.

Prabowo juga menganggap bahwa pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md adalah saudara sesama anak Indonesia.

"Kami yakin ketiga paslon berjuang untuk rakyat Indonesia. Tadi saya mengatakan, saya menganggap Pak Anies, Pak Muhaimin, Pak Ganjar, dan Pak Mahfud adalah saudara-saudara kita sendiri, sama-sama anak Indonesia," kata Prabowo usai debat kelima yang diselenggarakan KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu malam.

Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka itu juga menyebut bahwa ia menerima dan mendukung gagasan dari rival-nya jika gagasan tersebut memang mengandung kebaikan.

"Marilah kita memelihara persatuan, kerukunan, demi rakyat Indonesia, demi masa depan Indonesia," ujar Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Prabowo pun mengucapkan terima kasih kepada KPU, TNI dan Polri, panitia, hingga pers yang bertugas selama penyelenggaraan debat Pilpres 2024. Menurut dia, inti dari gelaran debat tersebut adalah mencari pemikiran dan gagasan terbaik untuk rakyat.

"Intinya setelah kita kampanye berapa bulan, setelah kita debat kadang-kadang dengan keras, kadang-kadang dengan semangat, tapi itikad-nya adalah baik. Itikad-nya adalah mencari pemikiran, gagasan yang terbaik untuk rakyat Indonesia dan bangsa Indonesia dan masa depan Indonesia," tutur Prabowo.

Prabowo menyampaikan pernyataan itu saat konferensi pers usai debat kelima yang mempertemukan antar-calon presiden. Prabowo tidak membuka sesi tanya jawab dengan wartawan pada konferensi pers tersebut.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta.

Debat pamungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Pewarta: Fath Putra Mulya/Narda Margaretha Sinambela

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024