Rejanglebong (Antara) - Pengelola kawasan wisata Danau Mas Harun Bestari Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan dua unit perahu wisata bagi pengunjung yang datang ke daerah itu.

Menurut Yadi (33) salah seorang operator perahu wisata atau yang biasa disebut "ketek" saat ditemui, Selasa, mengatakan para pengunjung DMHB ini selain bisa menikmati keindahan danau yang memiliki luasan mencapai lima hektare serta pemandangan disekitarnya.

"Untuk naik perahu ini perorangnya dikenakan biaya Rp10.000, pengunjung akan kami ajak berkeliling danau yang luasnya mencapai lima hektare ini," katanya.

Para pengunjung yang naik perahu ketek ini kata dia, umumnya pengunjung yang berasal dari luar daerah seperti kota/kabupaten di Sumsel serta Kota Bengkulu, dimana untuk sekali berangkat setiap perahu ini bisa memuat hingga 20 orang.

Pihak pengelola DHMB sendiri tambah dia, saat ini telah menyiapkan dua unit perahu ketek, dimana perahu ini setiap hari dioperasikan. Di dalam perahu ini pengunjung juga dilengkapi dengan pelampung pengaman serta tenaga pengawas.

Datangnya musim kemarau belakangan ini tambah dia, membuat air DMHB menyusut sehingga mereka harus berhati-hati dalam mengemudikan perahunya sehingga tidak mendabrak tunggul kayu maupun kandas dilumpur, sehingga peran pengawas yang berada di haluan sangat berperan.

Sementara itu menurut Wulan, petugas tiket masuk DMHB menjelaskan setiap pengunjung yang masuk ke kawasan itu dikenakan tiket masuk Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kawasan DHMB itu sendiri kata dia, setiap hari selalu di datangi pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota. Dan puncaknya pengunjung yang datang ini terjadi pada hari libur lebaran dan liburan anak sekolah dengan jumlah perharinya mencapai 500 orang.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015