Sebanyak tiga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menerima kucuran dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan dari pemerintah pusat sebesar Rp700 juta.
 
Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mukomuko Antoni di Mukomuko, Selasa, mengatakan DAK pendidikan untuk pembangunan PAUD tahun ini menurun dibandingkan dengan pada  2023 sebesar Rp2,2 miliar.
 
"DAK pendidikan sebesar Rp700 juta itu untuk tiga PAUD ini tersebar di sejumlah wilayah daerah ini," katanya.
 
Ia menyebutkan DAK pendidikan sebesar Rp700 juta itu untuk pembangunan gedung baru atau penambahan gedung baru untuk lembaga PAUD, terutama yang memiliki banyak anak murid tetapi menghadapi keterbatasan ruangan untuk belajar.
 
Selain itu, katanya, penggunaan DAK pendidikan pada 2024 untuk membeli peralatan seperti arena bermain bagian dalam sekolah atau sama dengan kegiatan pada 2023.
 
Pengerjaan proyek bersumber DAK tahun ini, katanya, secara swakelola oleh masing-masing PAUD, bukan dengan kontraktor melalui pihak ketiga atau penyedia barang dan jasa pemerintah.
 
Pelaksanaan kegiatan bersumber DAK tersebut, katanya, menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan penggunaan DAK pendidikan dari pemerintah pusat.
 
Ia menyebutkan 175 PAUD tersebar di 15 kecamatan di daerah ini, meliputi 36 PAUD berstatus negeri dan sisanya swasta.
 
Jumlah tenaga pendidik PAUD yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) 60 orang dan sisanya sebagai honorer.
 
Ia menyebutkan dari 175 PAUD di daerah ini, rata-rata jumlah tenaga pendidik di setiap PAUD, baik PNS maupun honorer, sebanyak empat orang.
 
Ia mengatakan rencananya pada 2024 ada dua PAUD swasta di daerah ini yang diusulkan menjadi negeri.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024