April Mop adalah tradisi yang dirayakan setiap tanggap 1 April di berbagai belahan dunia. Pada momen ini, orang-orang biasanya memainkan lelucon satu sama lain. 

Meskipun ada kisah kelam tentang April Mop di masa lalu, toh tradisi ini terus hidup di tengah masyarakat di berbagai belahan dunia.

Tradisi April Mop, umumnya diisi dengan berbagai macam candaan atau tipuan yang ditunjukan kepada orang lain sering kali diakhiri dengan seruan “April Mop!” sebagai tanda bahwa itu adalah bagian dari tradisi iseng ini.

Dikutip dari history.com, hari April Mop berasal dari tahun 1582 ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian sesuai dengan keputusan Konsili Trent tahun 1563. Di bawah kalender Julian tahun baru dimulai pada 1 April.

Sejarawan juga menghubungkan hari April Mop dengan festival-festival seperti Hilaria (kegembiraan), yang diperingati di Roma Kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele.

Baca juga: Penaikan harga BBM jadi "black april mop"
Baca juga: Jerawat dan bibir kering masalah kulit saat berpuasa di cuaca ekstrem

Festival ini melibatkan orang-orang yang menggunakan pakaian konyol dan melakukan sindiran kepada sesama warga, bahkan terhadap para hakim. Tindakan ini terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris, dan Seth.

Ada juga dugaan bahwa April Mop terkait dengan musim semi di belahan bumi utara, ketika keadaan cuaca yang tidak stabil dan sulit diprediksi seringkali mempermainkan orang-orang.

Pada abad ke-18, tradisi April Mop mulai menyebar ke seluruh Inggris di mana orang-orang mulai melakukan candaan yang dianggap sudah keterlaluan.

Pada hari ini, terlihat seolah-olah orang merasa bahwa mereka dapat melakukan lelucon tanpa dianggap salah dengan memanfaatkan tradisi April Mop.

Warganet juga tak mau ketinggalan dengan membagikan berbagai video lucu sebagai perayaan dari April Mop.

Baca juga: Ini tips mudik aman dan nyaman dari Polri
Baca juga: Kiat aman berkendara selagi berpuasa

Seperti yang diunggah oleh akun TikTok @kenzus** dengan penggalan kata-kata yang menghibur, “Mau pura pura confess terus kalo ditolak tinggal bilang April Mop." Warganet satu ini bermaksud menyatakan cinta tetapi jika ditolak akan pura-pura sedang April Mop.

Video tersebut menerima tanggapan lucu dari pengguna internet lainnya. Banyak netizen yang juga ikut mengomentari dengan candaan dan humor yang sama.
 
April Mop (Pixabay)


“Indomaret udh lewat yahh skarang indoApril,” canda @quen83**.

“Gua lahir 1 April, apa kelahiran gua bercandaan yak,” kata @pyooo_** menanggapi video tersebut.

Momen April Mop sering menjadi kesempatan bagi seseorang untuk mengungkapkan perasaanya kepada orang yang disukai dengan cara santai dan disandingkan dengan candaan.

Baca juga: Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dihangatkan kembali
Baca juga: Pentingnya ban tampil prima saat mudik dalam cuaca tidak menentu

“Mau pura pura ngajak balikan, kalo dia gamau blng aja april mop,” ucap @nurrrrnn**.

“Udah aku praktekin bang makasih, skrg jadi asing,” komentar lucu dari @wmavennor**.

Sebagai perayaan tahunan yang ditunggu-tunggu, April Mop terus menjadi kesempatan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk merayakan kreativitas, humor, dan persahabatan.

Baca juga: Bidan berikan tips lancar berpuasa untuk ibu menyusui
Baca juga: Kiat aman berkendara selagi berpuasa
 

Puluhan orang di Jember diduga keracunan makanan usai berbuka puasa

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024