Kepolisian Resor Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan arus balik sejak H+3 hingga H+4 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah dari Provinsi Sumatera Barat menuju Kota Bengkulu maupun sebaliknya melalui Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Mukomuko masih terlihat sepi. 
 
"Sekarang sudah mulai arus balik, tetapi nyicil dia, beransur kendaraan bermotor yang melintas, atau tidak berbarengan karena kerjanya beda-beda," kata Kasatlantas Polres Mukomuko AKP Rully Zuldh Fermana di Mukomuko, Minggu. 
 
Ia mengatakan hal itu berdasarkan pantuan arus balik kendaraan baik dari arah Provinsi Sumatera Barat menuju Kota Bengkulu maupun sebaliknya melalui di pos pengamanan dan pelayanan di daerah ini. 
 
Ia menambahkan, kemungkinan puncak arus balik mulai terjadi pada H+5 lebaran atau hari Senin (15/4) karena pada hari Selasa (16/4) aparatur sipil negara (ASN) mulai kembali masuk kerja seperti biasanya. 
 
Selama arus balik lebaran, katanya, Kepolisian Resor Mukomuko tetap menyiagakan sebanyak 110 personel untuk memberikan keamanan bagi pemudik yang melintas di Jalinsum daerah ini.
 
"Personel sampai saat ini masih terus melakukan tugas pengamanan dan pelayanan di pos pengamanan guna memberikan jaminan keamanan bagi pemudik mulai sejak mudik hingga balik lebaran," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, sebanyak 110 personel tersebut menjalankan tugas pengamanan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Semua personel Satlantas Polres Mukomuko fokus mengatur lalu lintas di sepanjang Jalan Lintas Sumatra di daerah ini.
 
Ia mengatakan, karena sekarang ini objek wisata ramai kunjungan, maka personelnya juga mengatur lalu lintas di di depan objek wisata yang menggelar hiburan rakyat agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas kendaraan yang mudik hingga balik lebaran.
 
Kemudian, katanya, personelnya juga melakukan pengaturan lalu lintas di pos pengamanan dan pos pelayanan di daerah ini.
 
Empat pos pengamanan dan pelayanan, yakni dua titik untuk pos pengamanan di lokasi wilayah Polsek Ipuh dan wilayah Lubuk Pinang, dua pos pelayanan di Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Penarik.
 
Pihak Kepolisian Resor Mukomuko bekerja sama dengan TNI dan instansi terkait lainnya menggelar patroli gabungan untuk mengantisipasi kerawanan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) dan memastikan keamanan pemudik selama perjalanan mereka.
 
Dalam melakukan pengamanan arus mudik Lebaran 2024, petugas dari TNI dan Polri saling berkoordinasi serta bekerja sama dengan instansi terkait seperti satpol PP, BPBD, dinas perhubungan dan dinas kesehatan.
 
Selanjutnya, ia mengimbau pemudik yang melintasi wilayah itu memanfaatkan rest area untuk beristirahat dan mendapatkan informasi terkait dengan titik jalan rusak dan tanah longsor di daerah ini.
 
Pemudik yang melintas di wilayah ini selain bisa memanfaatkan rest area di Kantor Satlantas Polres serta empat pos pengamanan di Jalan Lintas Sumatra di daerah ini.
 
"Jika pemudik merasa mengantuk, sebaiknya segera beristirahat di rest area atau pos pengamanan dan pelayanan yang ada untuk menghindari kecelakaan lalu lintas," katanya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024