Timnas Indonesia mencatat sejarah dengan mengalahkan Australia 1-0 dalam pertandingan Grup A Piala Asia U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadion, Qatar, Kamis (18/4). Garuda sebelumnya tidak pernah menang lawan Socceroos.

Tim Merah Putih, sekarang menempati peringkat kedua di tabel posisi sementara Grup A Piala Asia U-23 setelah memperoleh tiga poin. Meskipun poinnya sebanding dengan Qatar, namun Garuda Muda kalah dalam selisih gol. 

Sementara itu, Australia kini berada di peringkat keempat dan Yordania menempati peringkat ketiga dengan jumlah poin yang sama.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan semangat yang membara, memberikan ucapan selamat kepada Timnas U-23 Indonesia atas kemenangan mereka melalui unggahan di platform X (Twitter).

Baca juga: Marselino sebut Ernando bermain luar biasa saat lawan Australia
Baca juga: Erick Thohir terpukau dengan penampilan Indonesia saat tekuk Australia

 

Timnas Indonesia U-23 saat memetik kemenangan 1-0 atas Australia U-23 pada laga kedua Piala Asia U-23 2034 Qatar Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/Ho/PSSI)

 


Dalam pernyataannya, Erick menegaskan kebanggaannya atas prestasi tim muda tersebut, dan menekankan pentingnya untuk terus mempertahankan semangat juang dalam pertandingan mendatang.

“Alhamdulillah 3 poin untuk Garuda Muda!,” kata dia.

“Luar biasa perjuangan seluruh pemain Timnas Indonesia U-23. Tak kenal lelah dan terus fight sepanjang laga,” lanjutnya.



Menteri BUMN itu juga memberikan wejangan kepada tim untuk pertandingan selanjutnya melawan Yordania. Ia menekankan pentingnya untuk tetap fokus, disiplin, dan bermain dengan kepercayaan diri.

“Belum saatnya puas, karena masih satu pertandingan penentu melawan Yordania.”

“Semangat Garuda,” tulisnya.

Baca juga: Qatar U-23 lolos ke perempat final usai menang 2-1 atas Yordania
Baca juga: Indonesia amankan kemenangan 1-0 atas Australia di Piala Asia U-23

Unggahan Eric Tohir di platform X (Twitter) kemudian menarik perhatian komentar dari netizen Indonesia.

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari menepis bola tendangan penalti pemain Australi Toure dalam laga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024). (ANTARA/HO-Akun instagram: @mario_sonatha)

“Terima kasih Pak Ketua Umum, luar biasa kemajuan Timnas sejak Bapak menangani organisasi PSSI, jangan lelah Pak untuk kemajuan Timnas Indonesia,” ucap @IgomanBrim**.

Di tambah itu, warganet juga membanjiri komentar dengan meminta perpanjangan kontrak Shin Tae-Young agar tetap melatih Timnas Indonesia.


Manajer timnas Indonesia U-23 Endri Erawan (tengah) bersama Pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (kanan). ANTARA/HO-PSSI/aa. (Handout PSSI)


“Perpanjang kontrak sty pak, wajib hukumnya. Percaya proses itu penting,” ujar @sulthan13sy**.

“STY klk ga di perpanjang keterlaluan sih pak. Timnas Indonesia sudah ke arah yg lebih baik loh sekarang. Tolong pak, perpanjang kontrak STY,” mohon @algha_bachti** kepada Erick Tohir.

Baca juga: Timnas Putri U17 jalani pemusatan latihan di Bali
Baca juga: STY kecewa dengan kepemimpinan wasit saat Indonesia dikalahkan Qatar 0-2

Pada pertandingan selanjutnya, Arhan Pratama bersama rekan-rekan akan berhadapan dengan tim Yordania di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu (21/4). Perolehan minimal satu poin versus Yordania akan memastikan langkah Garuda Muda ke fase selanjutnya.
 

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Australia di Piala Asia U-23 2024

 

Pewarta: Vonza Nabilla Suryawan

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024