Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini mendapat bantuan kendaraan serba guna untuk menjalankan tugas tanggap darurat di daerah itu.

"Kendaraan serba guna berupa truk itu adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mobil itu siap dikirim di sini. Tinggal penandatangan dari pemerintah setempat dengan BNPB," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan, kendaraan itu disebut serba guna karena berbagai fasilitas dalam mobil tersebut dapat membantu mengurangi beban warga setempat ketika menjadi korban bencana alam.

Ia menyebutkan, di dalam mobil itu dilengkapi dapur umum, sembako dan peralatan lainnya yang bisa digunakan untuk penanggulangan bencana alam.

Selain itu, lanjutnya, mobil itu juga dapat digunakan untuk mengangkut masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

Ia menyatakan, daerah itu mendapatkan bantuan mobil serba guna itu berdasarkan usulan yang disampaikan oleh instansi itu kepada BNPB.

Setelah itu, lanjutnya, BNPB melakukan survei ke Kabupaten Mukomuko. "Dari situ, mereka setuju memberikan kendaraan tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, selanjutnya kendaraan serba guna tersebut akan diletakkan di parkiran samping kantor BPBD setempat.

Ia mengatakan, tidak hanya mobil serba guna saja yang akan dikirim, masih banyak lagi bantuan untuk penanggulangan bencana alam di Kabupaten Mukomuko tetapi realisasinya pada tahun 2016.

"Termasuk pembangun pelapis tebing sungai yang terkena erosi dan mengancam jembatan penghubung desa di daerah itu," ujarnya. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015