Pemilik sekaligus CEO Tesla Inc dan SpaceX Elon Musk optimistis bahwa krisis ketersediaan air secara global dapat diatasi.

Hal tersebut menimbang kondisi planet bumi dengan 72 persen merupakan perairan. Elon Musk menilai bahwa yang perlu dipikirkan saat ini yakni dari segi proses pengolahan air.

“Jadi, ketika saya berbicara dengan orang-orang yang banyak membaca di Amerika Serikat, mereka seringkali berpikir, krisis air tidak dapat diselesaikan, konsumsi air sangat tinggi, dan tidak akan sebaik dulu. Namun nyatanya, ini sangat bisa dipecahkan,” kata Elon Musk dalam pembukaan World Water Forum ke-10 2024, di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin.

Baca juga: Menteri Kelautan harap Elon Musk beri internet murah ke nelayan

Baca juga: Elon Musk didampingi Luhut di pembukaan World Water Forum 2024

Elon Musk mengatakan, efisiensi desalinasi menjadi salah satu solusi dalam penyelesaian permasalahan krisis ketersediaan air.

Desalinasi sendiri merupakan proses menghilangkan kadar garam dari air, sehingga air tersebut menjadi air bersih yang dapat dikonsumsi masyarakat. Proses desalinasi sebelumnya dinilai sebagai proses yang membutuhkan energi dan mahal.

Namun proses tersebut, menurut Elon Musk, dapat diterapkan dengan efektif dan murah apabila memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT) dari matahari.

Baca juga: Pelajar SD di Banyuwangi berkesempatan bertemu dengan Elon Musk

Baca juga: Elon Musk ikuti uji coba Starlink di Puskesmas Pembantu Denpasar

"Dan kami terus melakukan terobosan dalam efisiensi desalinasi dan saya rasa kami sudah melakukannya. Kita mempunyai masa depan air yang baik dan saya pikir masa depan energi berkelanjutan yang baik juga ada di depan kita," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan kolaborasi menjadi kata kunci bagi keberhasilan dunia dalam mengatasi tantangan global terkait air.

"Dengan berkumpulnya kita di Bali hari ini, tentu Indonesia berharap dunia dapat saling bergandengan tangan secara berkesinambungan untuk dapat memperkuat komitmen kolaborasi dalam mengatasi tantangan global terkait air," katanya.

Jokowi mengatakan ketersediaan air bersih yang semakin menipis adalah tantangan global saat ini.

Bahkan, di tahun 2050, kata Jokowi, 500 juta petani kecil sebagai penyumbang 80 persen pangan dunia diprediksi paling rentan mengalami kekeringan.

"No water, no life, no growth. Oleh sebab itu, air harus dikelola dengan baik, karena setiap tetesnya sangat berharga," katanya pula.

Baca juga: Elon Musk tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk resmikan Starlink

Baca juga: Menkominfo sebut Elon Musk akan bertemu dengan presiden di Bali

Adapun dunia hanya memiliki waktu tujuh tahun untuk mengejar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama yang berkaitan dengan air. Polusi air dan perubahan iklim menjadi penyebab yang mendesak. Saat ini, 4 juta orang hidup di wilayah krisis air.

World Water Forum Ke-10 Tahun 2024 yang diselenggarakan bersama Pemerintah Indonesia dan Dewan Air Dunia (World Water Council (WWC), mengusung tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama” atau “Water for Shared Prosperity”. Forum tersebut diharapkan memberikan solusi dalam menyediakan air untuk seluruh kehidupan.

Para pemimpin, kepala negara, dan puluhan ribu delegasi global akan bertukar gagasan dan pemikiran dalam mencari solusi masalah air dunia dalam forum yang digelar pada 18-25 Mei di Bali, Indonesia.

Lebih dari 200 sesi diskusi akan fokus memperkuat kemampuan dalam mengatasi berbagai tantangan dalam menyediakan air bersih dan adil bagi semua.

Presiden Jokowi akan buka World Water Forum ke-10 di Bali
   

Pewarta: Bayu Saputra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024