Sejumlah masjid di Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada Idul Adha 1445 Hijriah membagikan sebanyak 700 kupon daging hewan kurban kepada warga di wilayah tersebut.
 
"Jumlah kupon daging hewan kurban yang dibagikan kepada warga pada Idul Adha tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 600 kupon," kata Kepala Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, Afrizal di Mukomuko, Senin.
 
Warga di Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, pada Idul Adha tahun ini menyembelih sebanyak 16 ekor hewan kurban yang terdiri atas terdiri atas tiga ekor sapi, 11 kerbau, dan dua ekor kambing.
 
Sebanyak 700 kupon daging hewan kurban ini dibagikan secara merata kepada sebanyak 548 kepala keluarga yang tersebar di wilayah Desa Medan Jaya.
 
Ia mengatakan mayoritas warga di wilayah ini yang berkurban di sejumlah masjid wilayah ini dengan dua cara, yakni secara kolektif atau arisan dan pribadi.
 
Terkait dengan pembagian daging hewan kurban di daerah ini, ia mengatakan, ada warga membawa kupon datang ke masjid dan panitia mengantar daging hewan kurban dari rumah ke rumah.
 
Ia mengatakan pembagian daging hewan kurban ini tidak berdasarkan jumlah rumah, tetapi jumlah kepala keluarga. Karena ada dalam satu rumah yang terdiri dari dua hingga tiga keluarga.
 
Ia memastikan, semua warga di wilayah ini mendapatkan pembagian daging hewan kurban dari panitia penyelenggara pemotongan hewan kurban.
 
Sementara itu, Camat Ipuh Sepradanur mengatakan jumlah hewan kurban pada Idul Adha tahun ini di kecamatan tersebut sebanyak 129 ekor, meningkat dibandingkan Idul Adha tahun sebelumnya sebanyak 127 ekor.
 
Selain itu, jumlah hewan kurban di Kecamatan Ipuh lebih banyak dibandingkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko sebanyak 44 ekor.
 
Menurutnya, jumlah hewan kurban di wilayah ini setiap tahun mengalami penambahan karena kesadaran masyarakat untuk beribadah kurban semakin meningkat.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024