Palembang (ANTARA Bengkulu) - Buah pepaya Kalifornia sangat laris terjual di pasaran Palembang karena sangat diminati warga setempat yang selama ini mereka mekonsumsi pepaya Bangkok.

sejak keberadaan pepaya Kalipornia dua tahun terakhir di daerah itu, sangat bersaing dengan pepaya dari Bangkok, kata Andi (25), petani di kawasan Talang Jambe Balembang, Senin.

Ia mengatakan, para petani saat ini lebih fokus menanam pepaya Kalifornia ketimbang tanaman serupa asal Bangkok, karena buahnya lebih laku di pasaran.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar selain pepaya Kalifornia mereka juga tetap menanam pepaya Bangkok.

Para petani di daerah itu  sudah lama membudidayakan pepaya Kalifornia yang bibitnya didatangkan dari Bogor (Jawa Barat), tetapi baru dua tahun ini mulai dikenal masyarakat luas. Sejak buah pepaya Kalifornia dikenal, kini permintaan akan komoditas itu meningkat signifikan, katanya.

Seminggu sekali buah kaya vitamin A itu dipanen sebanyak 200 kilogram lebih dihasilkan dari 150 pohon pepaya ditanam, biasanya saat panen pedagang pengumpul sudah menunggu dengan mendatangi kebun.

Harga buah pepaya Kalifornia itu di pasar moderen mencapai Rp10.000 per kilogram, sedangkan harga beli dari petani rata-rata Rp5.000 per kilogram.(ant)

Pewarta:

Editor : Zulkifli Lubis


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012