Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengajukan usulan penyediaan jaringan internet untuk lima desa terpencil di wilayah itu.

Kepala Bidang Pos dan Telematika Diskominfo Rejang Lebong Tatang Suhermanto saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan dari 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong saat ini masih terdapat lima desa yang kesulitan mendapatkan sinyal internet atau blank spot.

"Ada lima desa yang pada tahun ini kita usulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika supaya bisa dijangkau jaringan internet," kata dia.

Dia menjelaskan, lima desa yang diusulkan untuk dapat dijangkau jaringan internet ini ialah Desa Bukit Batu di Kecamatan Padang Ulak Tanding, dan Desa Lawang Agung di Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Selanjutnya Desa Lubuk Belimbing II di Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Desa Tanjung Gelang di Kecamatan Kota Padang, serta Desa Bandung Marga di Kecamatan Bermani Ulu.

Kelima desa yang belum memiliki jaringan internet ini, kata dia, sudah disurvei. Selama ini jika ingin mengakses internet warga harus pergi ke desa tetangga yang jaraknya cukup jauh.

Setelah dilakukan survei lapangan, menurut dia, jalan keluarnya adalah jangkauan atau kekuatan sinyal yang sudah ada di daerah itu harus ditingkatkan.

"Solusinya bisa dengan menguatkan jangkauan dari sinyal yang sudah ada, nanti pihak Kementerian Kominfo akan berkoordinasi dengan provider untuk menguatkan sinyal yang sudah ada," jelas dia.

Upaya lainnya, kata Tatang, ialah dengan membangun menara BTS baru. Untuk itu kelima desa tersebut diminta menyiapkan lahan seluas 10 x 10 meter untuk pembangunannya bila memang dibutuhkan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024