Jakarta (Antara) - Menteri Luar Negeri Ceko Lubomir Zaoralek mengatakan keyakinannya tentang pertumbuhan investasi asing di Indonesia menjanjikan setelah mendapat informasi investasi dari pemerintah Indonesia.

"Saya rasa sejumlah perusahaan asal Ceko sangat sesuai dan saya meyakini saat ini Indonesia adalah negara yang tepat bagi mereka berinvestasi," kata Zaoralek kepada Antara di kediaman Dubes Ceko, Jakarta, Jumat.

Menurut Zaoralek, sejumlah sektor yang dapat dikembangkan oleh perusahaan asal Ceko yaitu pada industri transportasi dan energi.

Menlu mengatakan akan melakukan koordinasi dengan pebisnis asal Ceko mengenai hasil kunjungannya ke Indonesia.

"Saya yakini banyak kesempatan besar bagi kami untuk melebarkan sayap di Indonesia guna meningkatkan nilai perdagangan dan investasi bilateral," kata Zaoralek.

Menteri mengatakan hasil kerja sama perdagangan dan investasi Ceko-Indonesia dapat diwujudkan dalam beberapa tahun kedepan.

Sebelumnya Zaoralek telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (25/2).

Presiden dan Zaoralek membahas peningkatan hubungan kedua negara baik sektor politik, ekonomi dan sosial.

Dalam pertemuan itu, Presiden yakin kedua negara dapat memanfaatkan potensi investasi di Indonesia yang besar dimana nilai investasi Ceko di Tanah Air pada periode 2010 hingga kuartal ketiga tahun 2015 sebesar USD 34,35 juta.

Kementerian Luar Negeri Indonesia juga mencatat total perdagangan kedua negara pada 2014 mencapai 260,51 juta dolar AS. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016