Madrid (Antara/Reuters) - Barcelona mencetak rekor Spanyol dengan catatan 35 pertandingan tanpa kekalahan di semua kompetisi berkat kemenangan 5-1 di markas Rayo Vallecano pada Kamis, setelah mesin gol Lionel Messi menorehkan trigol ke-35nya.   

Ivan Rakitic membuka keunggulan, Messi mengejar koleksi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo dengan trigol ke-35nya di semua kompetisi dan Arda Turan melengkapi pembantaian ini, di mana kapten Turki tersebut mencetak gol perdananya untuk klub sejak didatangkan dari Atletico Madrid.

Kemenangan Barca, yang membuat mereka melampaui rekor tidak terkalahkan Real Madrid yang telah digenggam sejak musim 1988/1989, merestorasi keunggulan delapan angka di puncak klasemen atas Atletico dengan 11 pertandingan tersisa.

Atletico menaklukkan Real Sociedad dengan skor 3-0 pada Selasa, sedangkan tim peringkat ketiga Real Madrid, kembali tertinggal 12 angka berkat kemenangan 3-1 di markas Levante pada Rabu.

Barca terbantu dengan fakta bahwa Rayo kehilangan bek Diego Llorente karena menerima kartu merah tiga menit sebelum turun minum akibat pelanggarannya terhadap Rakitic, sebelum Manuel Ittura juga diusir keluar lapangan pada menit ke-67 karena menjatuhkan Sergio Busquets di kotak terlarang.

Busquets dijatuhkan dari belakang setelah tendangan bebas Messi mengenai mistar gawang, namun penalti Luis Suarez dapat digagalkan Juan Carlos, kegagalan eksekusi penalti Barca yang kesembilan dari 18 penalti di semua kompetisi pada musim ini.

"Itu merupakan situasi yang aneh (kegagalan-kegagalan penalti)," kata gelandang tim Katalan itu Andres Iniesta. "Kami tidak boleh membiarkan hal itu mengganggu kami ketika semuanya berfungsi sebagaimana mestinya."

"Alasan-alasan terlalu banyak (untuk menjelaskan) mengapa tim meneruskan dinamika positif ini (namun) liga belum selesai, masih ada banyak nilai yang dapat diambil," ucapnya seperti dikutip situs As (www.as.com).

Rakitic mencetak gol pada menit ke-22 dengan memasukkan bola ketika bola itu jatuh ke dirinya setelah Juan Carlos gagal menangkap umpan silang tinggi."

Messi menyelesaikan pergerakan satu-dua dengan Neymar semenit kemudian untuk menjadi gol pertamanya, dan Llorente mendapatkan kartu merah tiga menit sebelum turun minum akibat pelanggaran terhadap Rakitic.

Messi mengemas gol keduanya pada menit ke-53 setelah tembakan dari Suarez membentur tiang gawang, dan ia melengkapi trigolnya pada menit ke-72 setelah merangsek menuju pertahanan dari lini tengah.

Rayo mendapatkan gol hiburan pada menit ke-57 melalui tandukan Manucho setelah Bebe, di tiang jauh, mengirim umpan silang dari kanan menuju sisi tengah ketika dua mantan pemain Manchester United itu bekerja sama.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016