Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan petugas perlindungan masyarakat (linmas) yang akan bertugas di Pilkada serentak Tahun 2024 di wilayah itu.

"Satpol-PP Kabupaten Rejang Lebong saat ini tengah menyiapkan petugas Linmas Pilkada serentak Tahun 2024 sebanyak 890 orang. Mereka ini nantinya akan bertugas di 445 tps," kata Kepala Dinas Satpol-PP Rejang Lebong Akhmad Rifai saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, petugas linmas di bawah naungan Satpol-PP Rejang Lebong tersebut akan bertugas mengamankan jalannya proses pemungutan suara pada pilkada daerah itu di 445 tps tersebar dalam 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong.

Petugas linmas yang akan diterjunkan ini, kata dia, akan bertugas setiap tempat pemungutan suara (tps) sebanyak dua orang, sehingga totalnya se Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 890 orang.

Sejauh ini petugas linmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 1.486 orang, di mana mereka ini berasal dari 156 desa/kelurahan.

Menurut dia, para petugas linmas ini direkrut oleh kelurahan/desa masing-masing, dan untuk pembinaannya di bawah naungan Dinas Satpol-PP Rejang Lebong.

"Saat ini kita masih menunggu daftar nama-nama petugas linmas dari 15 kecamatan, yang nantinya akan bertugas mengamankan tps Pilkada Rejang Lebong Tahun 2024," terangnya.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat menggelar apel gabungan linmas di halaman Pemkab Rejang Lebong pada 11 September 2024 menyebutkan, Pemprov Bengkulu akan membiayai iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Linmas si Provinsi Bengkulu.

Diberikannya jaminan sosial untuk petugas linmas ini se Provinsi Bengkulu ini jumlahnya mencapai 3.000 personel, kata dia, karena mereka bertugas di desa/kelurahannya selama 1x24 jam sehingga harus mendapatkan perlindungan sosial.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024