Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan agenda peresmian fasilitas Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, kepada presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Untuk Istana Garuda nanti akan diresmikan oleh Presiden baru bapak Prabowo Subianto," kata Presiden Jokowi diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, dalam pidatonya dalam agenda peresmian Istana Negara IKN, Jokowi mengatakan alasan penyerahan tersebut dikarenakan bangunan Istana Garuda masih dalam tahap finishing.

"Karena Istana Garuda saat ini masih dalam proses finishing dan dimungkinkan masih memakan waktu 1 bulan ke depan, maka pada hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu," tuturnya.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah tidak ingin tergesa-gesa dalam menyelesaikan seluruh infrastruktur pendukung ekosistem di IKN.

Sebab, hal terpenting menurut Jokowi adalah kegiatan pembangunan yang berjalan sesuai dengan target waktu yang sebelumnya telah ditentukan.

Jokowi juga berharap kehadiran Istana Negara dan Istana Garuda di kompleks Istana Kepresidenan IKN dapat menopang berbagai kegiatan kenegaraan yang berskala besar.

"Kita harapkan nanti, kegiatan-kegiatan kenegaraan yang besar, yang butuh tempat yang gede, bisa dilakukan di sini, di IKN," harapnya.

Saat ditanya terkait kualitas dan mutu dari bangunan Istana Negara IKN, Jokowi pun memilih untuk bicara apa adanya.

"Kalau dari sisi kualitas, saya harus ngomong apa adanya ya, bagus, bagus. Finishing-nya bagus, pengecatan bagus, sampai detil-detil ukirannya bagus, saya kira kualitasnya bagus," ujarnya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024