London (Antara/Reuters) - Pesta perpisahan West Ham United dengan Boleyn Ground berubah menjadi pahit sebelum pertandingan dimulai pada Selasa, ketika bus tim Manchester United diserang dengan lemparan-lemparan botol oleh para penggemar tuan rumah, yang membuat dimulainya pertandingan itu harus ditunda selama 45 menit.  

Penggemar dalam jumlah besar, banyak yang tidak memiliki tiket, berkumpul di luar stadion untuk pertandingan Liga Inggris ini, pertandingan kandang terakhir West Ham sebelum pindah ke Stadion Olympic yang berkapasitas 60.000 penonton setelah 112 tahun bermarkas di Upton Park.

Bus tim Manchester United kesulitan masuk di samping stadion di Green Street, di mana para penggemar West Ham mulai melempari kaca-kaca bus itu dengan botol beling, sedangkan tabung asap juga dinyalakan, untuk menambah kacaunya suasana.

Bus tim tamu mengalami kerusakan minor, di mana setidaknya satu jendela hancur.

Polisi kemudian membantu mengawal skuad Manchester United memasuki lapangan stadion kurang dari satu jam sebelum pertandingan yang dijadwalkan dimulai pada pukul 18.45 itu, yang harus ditunda selama 45 menit.   

"Itu tidak bagus, busnya hancur," kata kapten Wayne Rooney.

Manajer Manchester United Louis van Gaal, yang timnya kalah 2-3, terlihat terguncang dengan insiden itu ketika ia berjalan menuju ruang ganti.

"Cara mereka menerima kami tentu saja bukan cara yang pantas," kata pria asal Belanda itu. "Hal itu mempengaruhi para pemain dan itu sangat disayangkan."

Hanya ada sedikit rasa simpati untuk kubu Manchester United dari pemilik West Ham David Sullivan.

"Menurut saya polisi dan ofisial telah begitu baik, saya akan membuat pertandingan tetap dimulai pada pukul 07.45 (18.45 GMT) jika itu tergantung kepada saya. Manchester United tahu jadwalnya, mereka semestinya berada di sini pukul 04.00," ucapnya.

        
Penyelidikan FA
Kepolisian Metropolitan London mengatakan dalam pernyataannya bahwa seorang petugas mengalami cedera minor namun tidak ada penahanan yang dilakukan.

FA mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan penyelidikan penuh.

"FA mengutuk keras insiden-insiden keji yang terjadi malam ini," ucapnya dalam pernyataannya. 

West Ham telah bermain di Boleyn Ground yang berkapasitas 35.000 penonton sejak 1904, namun mulai musim depan akan bermain di Stadion Olympic yang bernilai 700 juta pound setelah menyetujui penyewaan berdurasi 99 tahun.

Pesta perpisahan yang istimewa dihelat setelah peluit panjang berbunyi pada Selasa.

Sebelum pertandingan dimulai, marching band memainkan lagu sepak bola tradisional Abide With Me, sedangkan gambar salah satu legenda klub itu, kapten yang membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 1966 Bobby Moore, ditayangkan melalui layar-layar video.

Akibat meningginya permintaan para penggemar West Ham untuk menghadiri pertandingan bersejarah ini, terdapat laporan bahwa tiket pertandingan yang dijual di internet dapat bernilai 2.000 pound.

Para penggemar membeli benda-benda yang terkait dengan stadion seperti kursi, urinoir, pintu-pintu kantor, dan tiang gawang, dalam pelelangan.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016