Rejanglebong (Antara) - Tiga pelajar tingkat SMP sederajat di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang berhasil meraih nilai ujian nasional (UN) terbaik akan menerima bonus yang disiapkan pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong, Zakaria Effendi di Rejanglebong, Senin, mengatakan tiga pelajar SMP yang meraih nilai UN tertinggi di Rejanglebong pada tahun ini semuanya berasal dari SMPN 1 Curup.

"Tiga pelajar SMPN 1 Curup ini berhasil meraih nilai UN tingkat SMP sederajat tertinggi di Rejanglebong, dan secara pribadi memperoleh nilai tertinggi se Provinsi Bengkulu, sedangkan secara keseluruhan berada di peringkat empat tingkat Provinsi Bengkulu," katanya.

Hasil capaian UN pelajar tingkat SMP sederajat di daerah itu pada tahun ajaran 2015/2016 kata dia, sangat membanggakan karena dari 10 besar tingkat provinsi enam orang di antaranya berasal dari Rejanglebong yakni dari SMPN 1 Curup.

Tiga pelajar yang meraih nilai UN tingkat SMP sederajat tertinggi ini selanjutnya akan diberikan bonus berupa uang tunai sebagai bentuk penghargaan yang diberikan Pemkab Rejanglebong, yang bisa digunakan untuk pembiayaan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

Besaran hadiah untuk peraih nilai UN tertinggi pertama sebesar Rp10 juta, kemudian peringkat kedua senilai Rp8 juta dan peringkat ketiga Rp6 juta.

Tiga peraih nilai UN tertinggi dari SMPN 1 Curup tambah dia, untuk tertinggi pertama se Rejanglebong dan juga se Provinsi Bengkulu atas nama Hanifah Harahap dengan nomor ujian 03-001-030-3 dengan total perolehan nilai 385.0, dengan nilai mata pelajaran tertinggi Matematika 100.0.

Selanjutnya peringkat kedua tertinggi se Rejanglebong dan tertinggi kedua se Provinsi Bengkulu diraih oleh Nurhidayah Anggraeni dengan nomor peserta 03-001-040-9 dengan total nilai 383.0, dengan nilai mata pelajaran tertinggi IPA 100.0.

Sedangkan yang memperoleh nilai tertinggi ke tiga se Rejanglebong diraih oleh Ratih Permata Hapriani dengan nomor ujian 03-001-042-7 dengan total nilai 379.0, di mana yang bersangkutan ini juga tercatat lima besar peraih nilai UN tertinggi se Provinsi Bengkulu, di bawah dua pelajar dari Kota Bengkulu yang merebut peringkat ketiga dan empat.

Sementara itu untuk tiga nama lainnya yang masuk 10 besar tambah dia, antara lain peringkat keenam direbut oleh Muhammad Ilham dengan total nilai 377,5. Selanjutnya Moftunatul Aulia dan Tiansi Ade Bora yang sama-sama menduduki posisi 9 besar lantaran perolehan nilai UN sama yakni dengan total 375,5 yang merebut peringkat ketujuh dan delapan tingkat provinsi. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016