Kupang (IPKB Bengkulu) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Surya Chandra Surapaty menyampaikan, pada 2016 lalu pemerintah telah mencanangkan program kampung KB. Untuk mendukung program nawa cita dalam mengakselerasi kesejahteraan masyarakat.

Hingga saat ini kampung KB terdapat sebanyak 400 desa di sejumlah provinsi ditanah air. Dalam percepatan kesejahteraan masyarakat itu BKKBN akan membentuk kampung KB disejumlah daerah kecamatan, katanya kepada wartawan di sela-sela acara Harganas XXIII tahun 2016 di arena pameran dan Gelar Dagang yang berlangsung di alun-alun rumah Jabatan Gubernur NTT, menjelang akhir Juli lalu.

"Hingga saat ini sudah 400 kampung KB, bahkan mendekati target 536 kampung KB, karena satu kabupaten satu kampung KB. Bahkan direncanakan pada 2017 mendatang, satu kecamatan satu kampung KB," ujarnya.

Ia mengatakan, kampung KB yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di Cirebon, Jawa Barat, pada pertengahan  Januari 2016 diprioritaskan bagi daerah kumuh, miskin, dan banyak terdapat anak, sehingga nantinya pembangunan berwawasan kependudukan dilaksanakan di tempat itu bersama warga setempat.

"Jadi situ akan dibuat perencanaan program kependudukan KB dan pembangunan keluarga bersama sektor terkait lainnya, seperti kesehatan, pendidikan, perumahan dan lingkungan, supaya nanti mereka akan lebih sejahtera dan berbahagia dengan dua anak cukup," kata Surya.

Menurut Surya, kampung KB dibuat untuk menyukseskan Nawa Cita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pedesaan. Program ini juga sesuai cita kelima untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan cita kedelapan untuk merevolusi karakter bangsa.

Surya mengatakan, tujuan akhir dari program ini adalah menurunkan angka kelahiran total. Saat ini laju pertumbuhan penduduk di Indonesia sebesar 1,49 persen per tahun. Program kampung KB diharapkan bisa menurunkannya menjadi 1,2 persen hingga 1 persen.(ns/pk)

Pewarta: Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016