Bengkulu (Antara) - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menetapkan lima desa di Kecamatan Air Priukan Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu menjadi desa wisata berdasarkan potensi dan keunggulan yang dimiliki wilayah tersebut.

Camat Air Priukan Kabupaten Seluma, Thoma Alpa Edison di Seluma, Rabu mengatakan tim ahli dari Kementerian Desa dan PDTT telah mengadakan survei ke lima desa untuk pengumpulan data potensi dan informasi kawasan desa wisata.

"Ada lima desa yang ditetapkan sebagai desa wisata di Kecamatan Air Priukan dengan potensi wisata alam dan agrowisata," kata Thomas.

Thomas menyebutkan lima desa yang terpilih yakni Desa Lawang Agung, Desa Pasar Ngalam, Desa Kungkai Baru, Desa Tawang Rejo dan Desa Sukasari.

Potensi wisata di tiga desa yakni Desa Pasar Ngalam, Desa Lawang Agung dan Desa Tawang Rejo mengandalkan agrowisata yakni produk unggulan pertanian seperti pepaya yang sudah diolah menjadi bermacam produk makanan.

Sedangkan dua desa lainnya yakni Desa Kungkai Baru dan Desa Sukasari memiliki pesona alam yakni pantai indah yang dapat dijual sebagai objek wisata.

"Desa wisata ini mampu membuka peluang usaha baru bagi masyarakat perdesaan yang perlu didukung penuh perangkat desa," ucapnya.

Kepala Desa Lawang Agung, Kirman Efendi mengatakan salah satu komoditas pertanian yang menjadi unggulan desanya yakni buah pepaya California yang sudah dikembangkan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

"Setelah menjual buahnya secara langsung, kami mulai mengolah buah pepaya menjadi berbagai produk makanan ringan seperti dodol, keripik, manisan dan lainnya," kata Kirman.

Pengembangan produk unggulan sebagai penunjang desa wisata menurut Kirman akan masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Lawang Agung.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016