Jakarta (Antara) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki berharap kunjungan warga negara Indonesia ke Jepang bisa terus meningkat setiap tahunnya.

"Terlebih dengan adanya bebas visa Indonesia-Jepang diharapkan bisa meningkatkan jumlah kunjungan hingga dua digit setiap tahunnya," ujar Tanizaki dalam acara Perayaan Ulang Tahun Kaisar Jepang ke-83 di Jakarta, Selasa malam.

Di penghujung tahun 2016 ini, dia menilai kondisi di Jepang dalam tahun ini mengalami masa ketidakpastian baik dari segi ekonomi maupun politik.

Dia berharap Jepang bisa menjalani situasi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang dengan usaha keras dari negara tersebut, salah satunya meningkatkan kedekatan dengan Indonesia.

Tanizaki menceritakan hingga saat ini sudah sekitar satu juta orang Indonesia yang mempelajari "Nihongo" atau Bahasa Jepang, sejalan dengan hal tersebut juga ada peningkatan dalam pekerja Indonesia yang bekerja di perusahaan Jepang yang mencapai sekitar satu juta orang.

"Kita akan berusaha untuk mengubah ketidakpastian ini menjadi harapan dan kekuatan, hubungan antara Jepang dan Indonesia adalah bukti nyata dari hal tersebut," katanya,

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla turut menyampaikan pendapatnya terkait pernyataan Dubes Jepang Tanizaki.

Wapres menyambut positif serta mengapresiasi pada kerja sama Indonesia-Jepang yang telah berjalan dengan baik.

"Saya juga akan mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan kebahagiaan atas kerja sama Indonesia-Jepang saat ini yang saya percaya akan terus tumbuh di masa depan," kata dia.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016