Rejang Lebong (Antara) - Manajemen RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyiapkan dukungan sarana dan prasarana kegiatan bhakti sosial operasi bibir sumbing gratis yang akan dilaksanakan di daerah itu.

Direktur RSUD Curup Asep Setia Budiman di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan sudah menyiapkan sarana prasarana dan tenaga medis guna mendukung kegiatan sosial yang dilaksanakan Forum Wartawan Rejang Lebong (FWRL) bekerjasama dengan yayasan Smile Train Internasional perwakilan Bengkulu serta didukung PKK Rejang Lebong dan beberapa pihak lainnya pada 1 April 2017.

"Pada prinsipnya RSUD Curup mendukung sepenuhnya kegiatan operasi bibir sumbing gratis yang akan dilaksanakan FWRL dengan Yayasan Smile Train Internasional. Dalam waktu dekat ini kami akan bentuk tim internal dan melakukan rapat persiapan," katanya.

Selain mempersiapkan lokasi untuk pelaksanaan kegiatan yakni ruangan operasi, obat-obatan atau bahan habis pakai, RSUD Curup juga menyiapkan SDM pendukung dari para medis guna membantu tim dokter bedah operasi plastik yang didatangkan dari Palembang yang akan melayani pemeriksaan kesehatan pra operasi serta pasca operasi.

Adapun tenaga dokter penunjang dari RSUD Curup ini yang kesemuanya adalah dokter spesialis diantaranya tenaga dokter anak, penyakit dalam, anastesi, patologi klinik, radiologi.

Tim medis RSUD Curup ini akan bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan satu minggu sebelum sebelum pelaksanaan operasi, sehingga calon pasien operasi bibir sumbing diketahui kesehatannya apakah layak operasi atau tidak.

Sementara pekerja sosial dari yayasan Smile Train Internasional perwakilan Bengkulu, Iri Suparjan, menyatakan saat ini jumlah calon pasien operasi bibir sumbing yang berhasil dihimpun FWRL di lapangan sebanyak 37 orang yang sebagian besar berasal dari Kabupaten Rejang Lebong dan empat orang lainnya dari kabupaten tetangga seperti Lebong sebanyak tiga orang dan seorang berasal dari Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumsel.

Kegiatan operasi bibir sumbing gratis akan dilaksanakan pada Sabtu (1/4) mendatang, di mana operasi ini akan dilakukan oleh tim dokter spesialis bedah plastik dari Palembang yang didatangkan Yayasan Smile Train, mengingat di Bengkulu saat ini belum ada dokter spesialis bedah plastik.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017