Mukomuko (Antara) - Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menjadi salah satu daerah di provinsi setempat yang menjadi sasaran pengembangan tanaman pala di lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Minggu, mengatakan pemerintah setempat pada tahun ini mendapatkan bantuan bibit pala dari Balai Penilaian Benih, Pengawasan dan Mutu Benih Provinsi Bengkulu.

"Pengembangan tanaman itu masuk dalam program integrasi tanaman pala dengan tanaman kelapa sawit," ujarnya.

Namun, katanya, sampai sekarang instansi itu belum mengetahui jumlah bantuan bibit pala dari pemerintah provinsi setempat karena belum ada kuota dari provinsi.

Ia mengatakan, meskipun belum ada kuota tetapi pemerintah provinsi tidak membatasi jumlah proposal usulan bibit pala dari kelompok tani di daerah itu.

"Kami masih menerima proposal usulan bibit pala dari kelompok tani. Selanjutnya proposal usulan bibit pala disampaikan kepada pemerintah provinsi setempat," ujarnya.

Ia menyatakan, pengembangan tanaman pala di daerah itu dengan cara menyasar tanaman kelapa sawit milik petani yang sudah tua dan tidak produktif lagi.

Diharapkan tanaman pala itu bisa berkembang dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017