Mukomuko (Antara) - Pihak Korps Zeni TNI AD menargetkan pencetakan sawah baru seluas 607 hektare di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, selesai akhir bulan November tahun ini.

"Target sampai akhir bulan November tahun ini. Tidak boleh lewat dari bulan tersebut," kata Pihak Direktorat Zeni TNI Angkatan Darat Letkol CZI Ferizal Mirza, saat jumpa pers di Mukomuko, Selasa.

Korps Zeni TNI AD dan Dinas Pertanian setempat menggelar jumpa pers untuk membahas perkembangan program pencetakan sawah baru di Kabupaten Mukomuko.

Letkol CZI Ferizal Mirza yang juga ketua pelaksana kegiatan pencetakan sawah baru menjelaskan, Kementrrian Pertanian menggandeng TNI AD untuk mencetak sawah baru seluas 1.106 hektare di Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan, dari seluas 1.106 hektare itu, seluas 607 hektare ditangani oleh Korps Zeni TNI AD, sisanya oleh Markas Komando Rayon Militer Bengkulu.

"TNI AD semuanya yang melaksanakan kegiatan itu, tetapi sebagian Zeni dan sebagian lagi Makorem. Pembagian itu bertujuan untuk memundahkan dalam melaksanakan kegiatan ini," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, saat ini Zeni TNI AD telah menyelesaikan pencetakan sawah baru seluas sekitar 70-80 hektare. Sedangkan Makorem baru akan melaksanakan pencetakan sawah.

Ia menyebutkan, anggaran mencetak sawah sebesar Rp16 juta per hektare. Anggaran sebesar itu untuk menyewa alat berat untuk menumbangkan pohon kelapa sawit di lahan yang dicetak menjadi sawah baru.

Ia memastikan, sampai sekarang tidak ada kendala yang dihadapi personelnya dalam melaksanakan kegiatan pencetakan sawah baru di daerah itu.

"Kita mencetak sawah di lahan perkebunan kelapa sawit yang sebelumnya sudah disurvey dan di desain oleh pihak perguruan tinggi," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017