Bengkulu (Antara) - Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno akan mendukung pemerintah daerah untuk menyukseskan program tahun kunjungan wisata pada 2020 atau "Visit Bengkulu 2020".

"Pengembangan bandara akan mendukung program unggulan daerah di sektor pariwisata yaitu tahun kunjungan wisata Bengkulu tahun 2020," kata Gotri di Bengkulu, Jumat.

Saat rapat membahas rencana induk dan program pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno di ruang rapat Kantor Gubernur Bengkulu, Gotri mengatakan bandara merupakan salah satu infrastruktur strategis bagi pembangunan Bengkulu.

Untuk mempercepat pengembangan bandara, Pemprov Bengkulu akan menghibahkan gedung VIP ke pihak Bandara Fatmawati Soekarno.

"Kami berharap ruang VIP tetap disediakan dan gedung yang ada saat ini akan dihibahkan ke pihak bandara," ucapnya.

Pada 2018 kata Gotri akan dilakukan pengembangan terminal sisi kiri bandara di mana gedung VIP milik Pemprov Bengkulu saat ini berdiri.

Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu, Agus Sasongko mengatakan pengembangan bandara dilakukan bertahap hingga 2034.

"Pengembangan terus bertahap di mana tahun depan beberapa kegiatan sudah disetujui pemerintah pusat mulai dari pengembangan terminal, landasan pacu dan pelataran pesawat," kata dia.

Selain untuk parkir, pelataran pesawat digunakan untuk mengisi bahan bakar, menurunkan penumpang, dan mengisi penumpang pesawat terbang.

Pengembangan bandara kata Agus juga untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat di mana tiga rute baru yang dilayani Wings Air baru saja diluncurkan. Tiga rute tersebut yakni rute Bengkulu-Jambi, Bengkulu-Padang, dan Bengkulu-Palembang.

Sedangkan maskapai lain yang melayani penerbangan dari Bandara Fatmawati yaitu Lion, Citilink, Garuda, dan Sriwijaya serta pesawat perintis Susi Air yang menerbangi pulau terluar, Pulau Enggano.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017