Palembang (ANTARA Bengkulu) - Pedagang makanan dadakan untuk menu berbuka puasa mulai bermunculan di beberapa kawasan permukiman penduduk di Palembang, Sabtu sore.

Mereka menggelar dagangan di lapak seadanya hingga menggunakan mobil pribadi yang cukup mewah.

Pedagang makanan buka puasa atau yang biasa dikenal dengan pedagang "Pasar Bedug" itu banyak dijumpai di kawasan permukiman penduduk seperti Jalan Mayor Salim Batubara, Sekip Tengah dan Sekip Ujung, Jalan  Kampus POM IX.

Kemudian di kawasan Perumnas Kenten Sako serta beberapa jalan dan permukiman padat lainnya.

Dari sekian banyak tempat yang menggelar makanan buka puasa itu, pemandangan yang cukup menarik di Jalan POM IX Kampus jalur akses pintu masuk ke mal Palembang Square.

Sebab, pedagang menjajakan barang dagangannya di pinggir jalan dengan menggunakan mobil jenis sedan dan kijang.

Dari bagasi mobil pribadi yang tergolong mewah pedagang pasar bedug itu menjajakan aneka jenis kue, kolak, bubur kampiun dan minuman dengan harga bervariasi dari Rp5.000 hingga Rp15.000 per paket.

Salah seorang pedagang Fadly mengatakan, berjualan makanan buka puasa ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan.

Mobil jenis sedan yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas keluarga sehari-hari, pada bulan Ramadhan ini dialihfungsikan menjadi tempat berjualan kolak dan kue yang dibuat sendiri oleh istrinya.  

Sementara di kawasan lainnya seperti di Sekip Tengah samping SD Negeri 177 Palembang, tampak pedagang memanfaatkan halaman rumah toko menggelar beraneka jenis lauk pauk, makanan dan minuman buka puasa dengan memasang meja dan tenda seadanya.

Menurut Nurillah pedagang di kawasan tersebut, pada hari pertama bulan puasa Ramadhan 1433 Hijriyah ini, pembeli masih tergolong sepi namun biasanya pada hari ketiga hingga tiga hari menjelang lebaran pembeli membludak.

Barang dagangan yang digelar di tempat yang dikenal dengan pasar bedug Sekip ini, antara lain  lauk pauk seperti sayur nangka dan sayur rebung dijual Rp7.500 per porsi, pindang tulang Rp20.000 per posri.

Sedangkan cumi saus padang Rp20.000 per porsi, kue lapis dan engkak ketan Rp10.000 per paket, kue jongkong Rp5.000 per cangkir, kolak serabi 6.000 per porsi dan es buah Rp5.000 per cangkir. (ant)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012