Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Program "Bengkulu Terang" dari PT PLN (Persero) akan menyasar seluruh desa di wilayah Provinsi Bengkulu sehingga sebanyak 1.513 desa di daerah ini menikmati listrik.

"Kami targetkan seluruh desa akan terang pada tahun ini lewat program `Bengkulu Terang`," kata Manajer Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UPPK) PT PLN Area Bengkulu, Hanfi Adrhean Abidin, di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan saat ini sebanyak 1.499 desa di wilayah Provinsi Bengkulu sudah menikmati listrik, sedangkan 14 desa lainnya akan dituntaskan tahun ini.

Bila program ini terealisasi maka 100 persen desa-desa di daerah ini akan menikmati listrik.

Program ini, lanjut Hanfi, membutuhkan dukungan dari Pemprov Bengkulu terutama untuk menyediakan akses jalan ke seluruh desa yang belum menikmati listrik itu.

"Kami membutuhkan akses jalan untuk mengangkut logistik seperti tiang listrik dan lainnya," kata dia.

Ia menambahkan, pada tahun ini sebanyak 12 desa di sejumlah kabupaten akan dibangun jaringan distribusi listrik antara lain Desa Sendang Mulyo, Rawa Bangun, dan UPT Lubuk Talang di Kabupaten Mukomuko.

Selanjutnya Desa Sungai Lisai di Kabupaten Lebong, Desa Sinar Pagi, Suban, Kuti Agung, Sekalak di Kabupaten Seluma, Desa Tanjung Aur di Kabupaten Kaur, Air Tenam di Kabupaten Bengkulu Selatan, Lebong Tandai di Bengkulu Utara, dan Langgar Jaya di Kabupaten Kepahiang.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti mengatakan program "Bengkulu Terang" mendapat dukungan penuh dari pemda sebab listrik adalah kebutuhan vital masyarakat.

"Kami mengapreasi dan siap mendukung PT PLN untuk mewujudkan `Bengkulu Terang`," kata Nopian.

Ia pun menginstruksikan seluruh kepala daerah kabupaten untuk bekerja sama dengan PT PLN untuk menerangi seluruh desa di wilayah ini.***1***

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018