Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Sejumlah turis asing asal Polandia dan Amerika Serikat mengagumi keunikan bunga langka Rafflesia gadutensis dan Rafflesia kemumu yang mekar di wilayah hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Para turis itu mengagumi keunikan bunga langka ini, apalagi pada saat yang bersamaan ada dua spesies raflesia yang mekar," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara Riki Septian saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan sepasang turis asal Polandia yang menyaksikan bunga Rafflesia gadutensis mekar menyatakan kagum dengan keunikan bunga tersebut, sekaligus memuji habitat bunga yang masih terjaga.

Sedangkan turis asal Amerika Serikat mengaku beruntung karena bisa menyaksikan dua spesies raflesia endemik hutan Sumatera mekar bersamaan.

"Mereka sangat puas karena bisa menyaksikan dua bunga langka ini di habitatnya dan mengagumi hutan tropis yang masih ada," ujar Riki.

Kawasan hutan lindung Boven Lais di Bengkulu Utara merupakan rumah bagi tiga spesies bunga raflesia yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia kemumu.

Dari ketiga jenis raflesia tersebut, Rafflesia kemumu merupakan spesies yang baru diidentifikasi oleh pakar raflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susatya.

"Kami memetakan ada lima titik habitat bunga raflesia yang ada di wilayah Boven Lais, terutama di sekitar air terjun Kemumu," katanya.

Keberadaan puspa langka ini, menurut Riki, menjadi salah satu daya tarik untuk mendatangkan turis asing dan domestik untuk menyaksikan bunga langka Rafflesia sp pada habitat aslinya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018